IBL

Di tengah pandemi ini, NBA memutuskan untuk tetap melanjutkan musim 2019-2020 yang hiatus per 11 Maret lalu. Setelah melakukan serangkaian pencarian ide terbaik untuk melanjutkan musim, akhirnya NBA memutuskan format “gelembung” sebagai cara terbaik melanjutkan musim ini.

Untuk mengantisipasi menurunnya kondisi fisik pemain, NBA memberi waktu persiapan satu bulan dengan tiga gim uji coba plus delapan gim musim reguler dengan tajuk “seeding games” untuk menentukan peringkat akhir serta posisi playoff.

Lebih dari dua minggu sejak “seeding games” digelar, seluruh slot yang tersedir di playoff sudah terpenuhi. Meski bermain di “gelembung”, format playoff sendiri tidak diubah oleh NBA. Tetap menggunakan format tujuh gim dengan di putaran pertama, peringkat teratas akan jumpa peringkat delapan. Posisi dua melawan posisi tujuh, tiga berhadapan dengan enam, sedangkan lima duel dengan enam.

Meski format tidak berubah, satu-satunya perubahan yang akan sangat terasa di playoff kali ini adalah hilangnya home court advantage. Seperti yang diketahui, dengan sistem tujuh gim, maka akan ada tim yang diuntungkan satu gim kandang lebih banyak. Tim yang memiliki peringkat akhir klasemen lebih tinggi akan mendapatkan keuntungan ini. Akan tetapi, dengan sistem “gelembung” ini, semua gim akan digelar hanya di satu tempat saja, Disney World, Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Status kandang dan tandang memang tetap akan dihadirkan. Nantinya, tim kandang akan mendapatkan jumlah dukungan yang lebih banyak dari tandang, namun penonton yang hadir akan dalam bentuk virtual dan tak mengeluarkan suara. Adapun suara-suara keramaian yang kita dengar di siaran adalah suara efek yang sudah disiapkan NBA.

Dalam rangka menyambut playoff ini, kami pun berusaha mengajak Anda semua untuk berpartisipasi dalam kuis berhadiah yang kami buat dengan tajuk #TebakBaganMainbasket. Layaknya menebak bagan (bracket) NCAA yang sering terjadi, kami mengajak pembaca sekalian untuk menebak siapa juara NBA musim ini dalam bentuk bagan playoff.

Bagan sendiri akan dimulai sejak putaran pertama playoff. Anda diharuskan membuat prediksi berapa skor di masing-masing partai putaran pertama dan siapa yang akan lolos ke semifinal wilayah. Anda juga harus melakukan hal yang sama untuk final Wilayah dan final NBA hingga menebak siapa yang akan menjadi juaranya.

Bagan akan kami letakkan di bagian bawah artikel ini dan kalian wajib menggunakan bagan ini. Nantinya, Anda bisa menyimpan gambar bagan tersebut dan mengisi pos masing-masing. Silakan unggah di feed akun Instagram Anda dengan menyertakan tagar (hashtags) #TebakBaganMainbasket. Satu akun, satu orang, hanya satu tebakan saja. Lalu, batas waktu mengunggah #TebakBaganMainbasket adalah Senin, 17 Agustus 2020, pukul 23:59 WIB.  Anda yang berhasil menebak juara NBA dengan tepat akan mendapatkan hadiah dari mainbasket store.

“Bagaimana kalau yang menebak benar lebih dari satu?”

Kami akan melihat siapa yang berhasil menebak skor per babak dengan benar. Jika hal ini sudah dilakukan dan yang menang lebih dari tiga orang, maka kami akan melakukan pemilihan secara acak. Ya, total kami akan memilih tiga pemenang jika memang jumlah pemenang sampai lebih dari tiga. Mengenai proses pemilihan acak nanti akan kami sampaikan di Instagram. Sekarang waktunya membuktikan analisis kalian yang selama ini selalu menghiasi kolom komentar kami. Selamat mencoba!

*Jika playoff NBA tiba-tiba berhenti di tengah jalan atau tidak dilanjutkan atau juara tidak ditentukan melalui tujuh gim partai final, maka kuis ini akan dianggap selesai tanpa pemenang. Mari berdoa semoga hal ini tidak terjadi ya 

Foto: NBA

 

 

 

Komentar