IBL

Usai sudah penantian Los Angeles Lakers untuk mengunci puncak klasemen Wilayah Barat. Berhadapan dengan Utah Jazz, Senin 3 Agustus 2020, waktu setempat, Lakers yang menguasai pertandingan di paruh kedua menutup gim dengan kemenangan 116-108. Catatan 51 kemenangan dan 15 kekalahan Lakers tak akan mampu dilewati oleh tim Wilayah Barat lainnya di sisa gim yang ada.

Ini jadi kali pertama Lakers menjadi pemuncak Wilayah Barat sejak 2009-2010. Menariknya, kala itu, Lakers menutup musim sebagai juara NBA usai membalas kekalahan mereka di dua tahun sebelumnya atas Boston Celtics. Lakers musim itu masih diperkuat nama-nama seperti mendiang Kobe Bryant, Pau Gasol, dan Metta World Peace.

(Baca juga: Los Angeles Lakers dan Tuah Gelar Juara Akhir Dekade)

Lakers selayaknya berterima kasih kepada bintang mereka, Anthony Davis. Usai mendapat sorotan tajam dengan penampilan buruk di gim sebelumnya melawan Raptors, Davis meledak di gim kali ini. Selama 39 menit di lapangan, ia mencetak dobel-dobel 42 poin, 12 rebound, 4 asis, 3 steal, dan 1 blok. Davis memasukkan 4/8 tripoin (50 persen), termasuk di dalamnya tripoin di akhir laga di hadapan Rudy Gobert. Ini adalah kali kelima musim ini Davis mencetak setidaknya 40 poin dalam satu gim.

LeBron James jadi pemain tersubur kedua di Lakers dengan 22 poin, 8 rebound, 9 asis, 2 steal, dan 1 blok. LeBron efektif dengan 9/16 tembakan (56 persen). Kentavious Caldwell-Pope 10 poin dan 4 rebound sedangkan Dwight Howard memberi sumbangan 11 poin plus 5 rebound dari bangku cadangan.

Dari Jazz, hanya ada tiga pemain yang menyentuh dua digit poin. Donovan Mitchell jadi yang terdepan dengan 33 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Mitchell menorehkan akurasi 40 persen (4/10) dari tripoin. Mike Conley menyusul dengan 24 poin dan 8 asis sedangkan Rudy Gobert dobel-dobel 16 poin dan 13 rebound.

Untuk Jazz, hasil ini tak mengubah posisi mereka di klasemen sementara Wilayah Barat. Anak-anak asuh Quinn Snyder ini duduk di peringkat lim adengan 42 kemenangan dan 25 kekalahan. Namun, kekalahan ini membuat mereka kini berjarak satu kemenangan dengan Houston Rockets yang ada di peringkat empat.

Rabu, 5 Agustus 2020, waktu setempat, kedua tim akan kembali bermain. Lakers akan bertemu Oklahoma City Thunder sedangkan Jazz melawan Memphis Grizzlies. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar