IBL

Gim pembuka playoff NBA 2020 berlangsung sangat sengit. Meski gim berujung dengan kemenangan 10 poin 135-125 Denver Nuggets atas Utah Jazz, dalam perjalanannya kedua tim bergantian unggul. Utamanya di kuarter empat, aksi saling ambil keunggulan terjadi di lima menit terakhir pertandingan. Aksi saling kejar ini sendiri dibintangi oleh tiga pemain saja. Dua dari Nuggets, Jamal Murray dan Nikola Jokic, sedangkan Donovan Mitchell jadi wakil Jazz.

(Baca juga: Lewat Tambahan Waktu, Nuggets Buka Playoff NBA 2020 dengan Kemenangan)

Bicara Mitchell, performanya di gim ini benar-benar menakjubkan. Mengambil alih tugas pembawa bola utama tim seiring absennya Mike Conley karena kelahiran anaknya, Mitchell memimpin serangan Jazz dengan segala cara. Selama 43 menit, ia mencetak 57 poin, 9 rebound, 7 asis, dan 1 steal. Ia menceploskan 19/33 tembakan (58 persen), 13/13 dari tembakan gratis (100 persen), dan 40 persen dari tripoin (6/15).

Catatan poin Mitchell ini langsung membawa namanua masuk dalam buku rekor playoff NBA. Tak tanggung-tanggung, Mitchell langsung bergabung dengan rekor yang diciptakan legenda NBA, Michael Jordan dan Karl Malone. Untuk rekor Malone, Mitchell berhasil menggesernya sebagai pemain Jazz yang mencatatkan poin tertinggi dalam satu gim playoff. Malone mencetak 50 poin dalam playoff NBA 2000. 

Sementara itu, di usianya yang masih 23 tahun, Mitchell jadi pemain kelima dengan usia tersebut atau kurang yang mampu mencetak setidaknya 50 poin dalam satu pertandingan playoff. Hebatnya, Mitchell jadi yang pertama sejak MJ (sapaan Michael Jordan) mencetak 63 poin pada gim kedua perempat final Wilayah Timur playoff NBA 1986 (format lama). Tiga nama lainnya yang mencetak setidaknya 50 poin di usia 23 tahun dalam gim playoff adalah Wilt Chamberlain, Rick Barry, dan Bob McAdoo.  

Tak sampai di situ, catatan 57 poin Mitchell juga menempatkannya sebagai pemain dengan torehan poin tertinggi ketiga dalam gim playoff sepanjang sejarah NBA. Catatan poin MJ di atas merupakan yang tertinggi sedangkan Elgin Baylor juga berada di urutan kedua dengan 61 poin yang ia ciptakan pada tahun 1962.

Kombinasi statistik poin, rebound, dan asis Mitchell hari ini juga membuatnya sejajar dengan MJ dan Baylor. Hanya mereka bertiga dalam sejarah NBA yang mampu mencetak setidaknya 55 poin, 5 rebound, dan 5 asis. Sayangnya, Mitchell juga harus bergaung dengan MJ di rekor yang kurang menyenangkan. Keduanya jadi dua pemain yang sudah mencetak setidaknya 55 poin dan tetap gagal meraih kemenangan.

Untuk kategori pemain aktif, hanya ada lima pemain yang pernah memiliki catatan 50 poin dalam satu gim. Mereka adalah Russell Westbrook, LeBron James, Damian Lillad, Kevin Durant, dan Isaiah Thomas. Sayangnya, dua nama terakhir tidak berpartisipasi dalam playoff NBA 2020. Durant menepi karena cedera sedangkan Thomas kini berstatus pemain bebas.

Performa apik alumnus University of Louisville ini jelas akan dibutuhkan lagi oleh Jazz untuk gim kedua. Namun, sangat jelas bahwa Mitchell butuh bantuan lebih dari rekan-rekannya. Masih akan tampil tanpa Conley, pemain-pemain seperti Joe Ingles dan Jordan Clarkson harus bisa menjawab tantangan mencetak poin lebih banyak lagi demi kemenangan perdana Jazz atas Nuggets musim ini. Mari kita lihat lusa, waktu setempat, saat kedua tim memainkan gim keduanya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar