IBL

Perjuangan Portland Trail Blazers mengejar peringkat delapan memang patut diacungi dua jempol. Mereka sangat gigih, terutama di gim terakhir melawan Philadelphia 76ers. Blazers menang 124-121 atas Sixers, yang membuat jumlah kemenangan menjadi 33 kali. Sama seperti Memphis Grizzlies. Sementara itu, masih dari Wilayah Barat, Sacramento Kings gagal membendung Houston Rockets. Mereka kalah 112-129 dari Rockets.

Portland Trail Blazers 124-121 Philadelphia 76ers

Perjuangan Trail Blazers mengejar kemenangan di "seeding games" memang berat. Terutama di gim-gim terakhir, karena mereka melawan tim-tim kuat. Seperti saat Blazers berjumpa Sixers.

Sixers tim hebat, terutama dari penguasaan paint area. Mereka mencetak 22 poin dari kesempatan kedua (second change). Ini membuat Blazers kesulitan, khususnya di kuarter kedua dan ketiga. Apalagi di awal kuarter keempat, Sixers berbalik memimpin 111-106, lewat sumbangan empat poin dari Alec Burks.

Di saat genting, Lillard yang mengambil alih permainan. Dua kali tripoin dari Lillard di sisa tiga menit terakhir, membawa Blazers kembali unggul 120-114. Lillard juga menambahkan satu layup yang menjadikan Blazers mengunci kemenangan.

Damian Lillard mencetak 51 poin di gim tersebut. Rekor ini membuatnya sejajar dengan pemain-pemain legendaris seperti Wilt Chamberlain, Michael Jordan, Kobe Bryant, Kareem Abdul Jabbar, Allen Iverson, hingga James Harden dan LeBron James, yang mampu mencetak 50 poin atau lebih dalam satu pertandingan. Selain Lillard, di gim tersebut Carmelo Anthony mencetak 20 poin, CJ McCollum menambahkan 16 poin, disusul Jusuf Nurkic (15 poin), dan Mario Hezonja (12 poin).

Di tim Sixers, Johs Richarson mencetak 34 poin, diikuti Alec Burks (20 poin), Tobias Harris (16 poin), Al Horford (15 poin), dan Shake Milton (11 poin).

Houston Rockets 129-112 Sacramento Kings

Performa Austin Rivers memang luar biasa. Ia mampu mencetak 41 poin saat Rockets mengubur mimpi lolos playoff Sacramento Kings. Rivers menjadi pemain Rockets keempat yang mampu mencetak 40 poin atau lebih dalam satu laga, tiga lainnya yang pernah mencatatkan rekor yang sama adalah James Harden, Eric Gordon, dan Russell Westbrook.

Rivers bisa mencetak poin begitu banyak karena akurasi tembakan yang bagus. Dari 20 percobaan, Rivers memasukkan 14 tembakan, termasuk enam kali tripoin. Rivers juga menambahkan 6 rebound, 4 asis, dan 2 steal. Sementara bila dilihat dari catatan klub, Rockets menjadi tim keempat dengan empat pemain yang pernah mencetak 40 poin atau lebih. Tiga tim lainnya yaitu Denver Nuggets (2007-08), Phoenix Suns (1988-89), dan Baltimore Bullets (1969-70).

Kemenangan Rockets kali ini juga karena performa menawan James Harden dengan torehan 32 poin, disusul Ben McLemore (20 poin), serta Robert Covington dan Jeff Green yang masing-masing menyumbang 12 poin. Rockets masih bertahan di peringkat empat klasemen Wilayah Barat, dan masih menyisakan tiga pertandingan di "seeding game" NBA.

Sementara Kings harus mengubur mimpi dalam-dalam lolos playoff musim ini. Mereka hanya punya sisa dua gim, dengan rekor kemenangan 29-41. Sangat sulit mengejar Portland Trail Blazers yang menang 33 kali. Di gim kali ini, De'Aaron Fox tampil sebagai pendulang angka terbanyak dengan 26 poin. (tor)

Foto: NBA

Komentar