IBL

Phoenix Suns membuat kejutan di lanjutan NBA usai menekuk Dallas Mavericks 117-115, Minggu, 2 Agustus 2020, waktu setempat. Datang ke “gelembiung” NBA sebagai tim dengan rekor kemenangan terburuk, Suns justru bermain lepas di dua gim lanjutan NBA pertama mereka. Sempat tertinggal di paruh pertama, Suns terbantu dengan buruknya tripoin Mavericks di gim ini, utamanya di paruh kedua.

Mavericks total hanya memasukkan enam tripoin di gim ini dengan percobaan mencapai 31 kali. Buruknya lagi, dari enam tripoin masuk tersebut, hanya satu yang terjadi di paruh kedua. Padahal, lebih dari separuh percobaan tripoin mereka datang di kurun waktu tersebut dengan 18 kali percobaan. Sebaliknya, Suns berhasil memasukkan 12 dari total 33 percobaan jarak jauh mereka.

Devin Booker jadi top skor tim dengan 30 poin, 3 rebound, dan 4 asis selama 31 menit. Booker memasukkan 10/20 tembakannya, tapi harus mengakhiri gim lebih cepat karena terkena fouled out. Ricky Rubio menyusul dengan 20 poin,9 rebound, dan 7 asis.

Ruki, Cameron Johnson, mencetak dobel-dobel, 19 poin dan 12 rebound. Dari bangku cadangan, Dario Saric membukukan13 poin dan 8 rebound sedangkan Cameron Payne yang berstatus pemain tambahan di lanjutan NBA ini menambahkan 10 poin dan 4 rebound.

Dari Mavericks, tiga pemain mencetak dua digit ganda. Luka Doncic dobel-dobel dengan 40 poin, 8 rebound, dan 11 asis selama 38 menit. Ia memasukkan 11/20 tembakan (55 persen) dan 18/19 (95 persen) dari tembakan gratis. Kristaps Porzingis menambahkan 30 poin dan 8 rebound sementara Seth Curry mencetak 16 poin hasil dari 6/11 tembakan.

Dua kemenangan beruntun ini membuat Suns meraih 28 kemenangan dan 39 kekalahan. Meski masih belum beranjak dari posisi terbawah di Wilayah Barat, anak-anak asuh Monty Williams kini memiliki jumlah kemenangan yang sama dengan New Orleans Pelicans dan Sacramento Kings (beda satu gim). Suns kini berjarak empat kemenangan dengan Memphis Grizzlies di peringkat delapan. Sebaliknya, kekalahan Grizzlies atas San Antonio Spurs membuat Mavericks otomatis memastikan satu tempat di playoff.

Mavericks akan jumpa Sacramento Kings di gim selanjutnya, lusa, waktu setempat. Di hari yang sama, Suns jumpa Los Angeles Clippers. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar