IBL

Phoenix Suns seolah jadi fenomena baru di "gelembung" NBA. Sejak lanjutan NBA dimulai 20 Juli lalu, Suns belum pernah kalah. Pada "seeding game" hari Senin, 10 Agustus 2020 waktu setempat, Suns menang 128-101 atas Oklahoma City Thunder. Sementara itu, Luka Doncic yang cedera pegelangan kaki tidak bisa tampil hari ini. Namun Dallas Mavericks tetap bisa menang 122-114 atas Utah Jazz.

Phoenix Suns 128-101 Oklahoma City Thunder

Permainan Suns selama di "gelembung" NBA memang mengagumkan. Bukan hanya soal akurasi, melainkan terlihat para pemain lebih menikmati pertandingan. Hasilnya, mereka bisa mencetak rekor 6-0 di "seeding game" NBA. Ini setelah Suns bisa menundukkan Thunder.

Suns tampil "nothing to lose", karena Devin Booker dan rekan-rekan yakin bahwa hanya keajaiban yang bisa membuat mereka lolos playoff. Kalau dihitung dari klasemen Wilayah Barat, Suns masih tertinggal satu kemenangan dari Portland Trail Blazers dan Memphis Grizzlies. Sementara Suns, Blazers, dan Grizzlies masih punya dua pertandingan sisa.

Walaupun Suns menang semua gim, mereka masih kalah dengan dua tim tersebut. Kecuali Blazers dan Grizzlies terpeleset. Oleh sebab itu, Suns berpikir untuk tidak berusaha mengejar playoff, namun menikmati pertandingan saja.

Di gim melawan Thunder, Devin Booker mencetak 35 poin. Mikal Bridges dan Cameron Johnson sama-sama menyumbang 18 poin. Dario Saric menambahkan 16 poin, disusul Cameron Payne (14 poin), dan Deandre Ayton (10 poin). Sebaliknya di kubu Thunder, Darius Bazley menyumbang 22 poin dan 10 rebound. Abdel Nader mengikuti di belakangnya dengan torehan 15 poin, disusul Chris Paul (14 poin), dan Mike Muscala (11 poin).

Devin Booker kini menyamai pencapaian legenda Suns, Walter Davis. Hanya saja, Booker lebih baik. Davis mencetak 30 poin atau lebih dalam satu pertandingan bersama Suns sebanyak 90 kali dalam 766 gim. Sementara Booker mencetak 90 kali rekor yang sama hanya dalam 340 penampilan bersama Suns.

Dallas Mavericks 122-114 Utah Jazz

Luka Doncic menjadi ikon Mavericks, sekaligus tumpuan utama tim dalam mencetak poin. Tapi bila dirinya cedera, ternyata Mavericks punya solusinya. Mavericks tetap bisa menang atas Utah Jazz meski Doncic tidak bermain.

Doncic mengalami cedera pergelangan kaki di gim sebelumnya. Absennya Doncic membuat dua garda tampil sebagai pendulang poin terbanyak. Mereka yaitu Tim Hardaway Jr. (27 poin) dan Seth Curry (22 poin). Sementara itu, di area lubang kunci, Boban Marjanovic menguasai permainan dengan mencetak 20 poin dan sembilan rebound. J.J. Barea mencetak 18 poin, disusul Trey Bruke (14 poin), dan Maxi Kleber (11 poin).

Jordan Clarkson yang dimainkan sebagai starter, kali ini menyumbang 18 poin untuk Jazz. Raykon Tucker menambahkan 17 poin, disusul Emmanuel Mudiay (14 poin), dan George Niang (13 poin). Meski kalah, peringkat Jazz di Wilayah Barat masih lebih tinggi dibandingkan Mavericks. Namun bisa saja di gim terakhir nanti, Mavericks akan mengambil alih peringkat enam. Sebab saat ini jumlah kemenangan mereka berdua sama (43 kemenangan). (tor)

Foto: NBA

Komentar