IBL

Setelah pandemi virus korona membuat musim NBA 2019-2020 terhenti lebih dari empat bulan, pertandingan basket yang ditunggu-tunggu tersebut akan dilanjutkan kembali pada 30 Juli 2020 waktu Amerika Serikat. Sementara laga uji coba antar klub NBA sudah selesai digelar, berikut seluk-beluk musim lanjutan NBA yang perlu kamu ketahui.

1. Apa protokol kesehatan NBA?

NBA bekerja sama pakar kesehatan masyarakat, spesialis penyakit menular, dan pemerintah membangun protokol kesehatan ketat guna mengatasi dan mencegah risiko terkait virus corona, yang menjadikan kesehatan dan keselamatan pemain, pelatih, wasit, dan staf sebagai fokus utamanya. Saat ini, mungkin kamu bertanya bagaimana NBA melakukan pengecekan/tes kepada para pemainnya? Jawabannya, pemain, pelatih, dan seluruh anggota tim harus melewati tes COVID-19 setiap hari. Untuk itu, selama sisa pertandingan musim 2019-20, tidak akan ada penonton yang hadir secara langsung dan hanya keluarga terdekat saja yang diizinkan untuk berkunjung.

2. Siapa saja yang berpartisipasi? 

Sisa pertandingan NBA musim 2019-20 akan dilanjutkan dengan 22 tim, yang terdiri dari 16 tim (delapan tim dari masing-masing wilayah) yang kini menempati posisi playoff dan enam tim yang tertinggal enam pertandingan dari unggulan kedelapan di setiap wilayah. 

Untuk roster lengkapnya, baca di sini: Roster Pemain 22 Tim Lanjutan NBA 2019-2020 

3. Dimana pertandingan akan berlangsung?

Seluruh pertandingan lanjutan NBA musim 2019-20 akan berlangsung di tiga tempat, Arena, Field House dan Visa Athletic Center yang berlokasi di ESPN Wide World of Sport Complex di Orlando, Florida. Hingga hari ini, seluruh tim yang kembali telah berada di Walt Disney World Resort di Florida dan sedang melangsungkan laga pemanasan sebelum pertandingan yang sesungguhnya dimulai kembali.

4. Kapan pertandingannya dimulai dan bagaimana cara menyaksikannya?

Berikut jadwal pertandingan musim lanjutan NBA yang dapat kamu saksikan di Vidio.com. (Waktu dan tanggal disesuaikan Waktu Indonesia bagian Barat/WIB)

5. Bagaimana proses berlangsungnya pertandingan lanjutan?

NBA akan kembali dengan 22 tim yang akan bertanding di delapan pertandingan seeding untuk menentukan posisi ke-1 hingga ke-8 di setiap wilayah dan selanjutnya lolos ke babak playoff. Jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan (pertandingan musim reguler dan seeding) dalam suatu wilayah unggul empat pertandingan lebih dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama, maka tim dengan persentase kemenangan terbaik kedelapan akan langsung lolos ke babak playoff. Pertandingan play-in tidak akan diperlukan. 

Namun, jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan dalam sebuah wilayah (Tim 8) unggul empat pertandingan atau kurang dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama (Tim 9), maka kedua tim akan bermain di dalam mini turnamen guna menentukan tim yang menempati posisi ke-8 dan lolos ke playoff. Untuk lolos ke babak playoff, Tim 8 perlu mengalahkan Tim 9 satu kali. Sementara, Tim 9 harus mengalahkan Tim 8 sebanyak dua pertandingan berturut-turut. 

Setelah 16 tim selesai ditentukan, pertandingan playoff NBA akan dilanjutkan sesuai format biasa yang didasarkan pada pembagian wilayah dengan empat putaran dan seri best-of-seven.

Selain itu, NBA dan NBPA sepakat bahwa tujuan utama musim lanjutan ini adalah untuk menemukan cara nyata dan berkelanjutan untuk mengatasi isu ketidaksetaraan ras di Amerika Serikat. Setiap tim akan mengambil langkah kolektif untuk memerangi rasisme sistemik dan mengedepankan keadilan sosial. Beberapa langkah nyatanya adalah meningkatkan perwakilan kulit hitam di dalam NBA serta semua timnya, memastikan keterlibatan lebih besar bisnis yang dimiliki dan dijalankan warga kulit hitam di seluruh kegiatan bisnis NBA, serta membentuk yayasan NBA. 

Jadi, momen NBA apa yang paling kamu tunggu-tunggu? Sabarlah sebentar lagi. Kamu akan segera menyaksikan momen-momen menuju kejuaraan NBA tahun ini. (tor)

Foto: NBA

Komentar