IBL

Tahun 2019 seolah menjadi tahunnya Giannis Antetokounmpo. Meski gagal meraih gelar juara, Giannis dan Milwaukee Bucks untuk kali pertama melaju hingga final Wilayah Timur. Giannis pribadi tampil superior di semua lini basket yang membuatnya mendapatkan gelar MVP. Di luar lapangan, gelar MVP tersebut berujung pada sepatu edisi khusus (signature shoes) dari Nike bernama Nike Zoom Freak.

Kurang lebih setahun berselang dari peluncuran edisi pertama Nike Zoom Freak, Nike akhirnya datang dengan edisi kedua. Melalui halaman resmi mereka, Nike resmi memperkenalkan Nike Zoom Freak 2 yang disebut-sebut dibuat berdasarkan observasi mendalam gerakan Giannis. Zoom Freak 2 mempelajari gerakan tak terhentikan Giannis yang salah satunya merupakan Eurostep dan berusaha membantu pemain asal Yunani ini bergerak lebih efektif.

“Apa yang dilakukan Giannis saat melakukan Eurostep berhubungan langsung dengan proporsi badannya,” ujar Ross Klein, Direktur Senior Kreatif Nike Basketball. “Yang berbeda dari gerakan Giannis dengan pemain lain adalah ia membuat banyak sekali tekanan saat melakukan langkah Eurostep. Hal itu membuat kami berusaha mendorong dan menjaganya lebih dekat dengan jari.”

Area outsole Zoom Freak 2 ini dibagi menjadi dua bagian dengan bantuan koneksi ke area midsole. Hal ini bertujuan untuk menjaga Giannis tetap stabil saat ia melakukan penetrasi dengan area depan kakinya dan mendarat dengan tumitnya. Giannis sendiri memiliki cara mendarat yang tidak biasa, hingga akhirnya dibuatlah teknologi ini.

“Di Zoom Freak 1, kami lebih banyak fokus tentang frekuensi Giannis meloncat secara vertikal untuk mendapatkan rebound, blok atau melakukan dunk. Untuk Zoom Freak 2, kami lebih fokus ke pergerakannya di lapangan karena ia mampu mengisi seluruh posisi di permainan,” lanjut Klein. Atas dasar itu, Nike menyebut sepatu ini sebagai sepatu untuk pemain semua posisi dan semua postur tubuh.

Ada empat corak warna yang sudah dibeberkan oleh Nike. Pertama, ada warna hijau putih yang disebut “Naija” yang akan rilis di Amerika Utara pada 25 Juli nanti. Corak warna ini berhubungan dengan bendera Nigeria, negara asal orang tua Giannis. Lalu ada corak warna hitam putih yang akan dipasarkan 7 Agustus, “Bamo” pada 18 September, dan “White Cement” di 1 Oktober. Harga retail untuk sepatu ini adalah AS$120. (DRMK)

                                      "Naija"

                                      "Hitam dan putih"

                                     "Bamo"

                                     "White Cement"

Foto: Nike

Komentar