IBL

Bintang Los Angeles Lakers Anthony Davis sudah masuk keluarga besar Nike sejak tahun 2012. Namun sampai sekarang dia belum mendapatkan kesempatan untuk dibuatkan sepatu khas (signature shoes). Sepertinya, Nike mulai memikirkan rencana baru untuk Davis. Dimulai dengan kemunculan Cosmic Unity Basketball.

Nike kini tidak memandang Davis sebelah mata. Terutama setelah dirinya berhasil mendapatkan cincin juara NBA 2020. Namun sebelum musim 2019-2020, Davis seperti "anak tiri" di Nike. Dia tidak pernah menerima sepatu terbaik Nike. Davis hanya menggunakan Player Exclusive untuk beberapa model lini kedua seperti Air Max Audacity dan seri Air Force Max. Baru di musim 2019-2020, Davis menggunakan Kobe 5 Protro.

Ternyata Davis berhasil menjadi duta yang baik untuk Kobe 5 Protro. Secara khusus, Davis menyebut bahwa bantalan Zoom yang dipakai di sepatu tersebut sangat nyaman. Oleh sebab itu, Nike menyiapkan sepatu yang cocok untuknya.

Sepatu baru Davis sudah dipakai saat kamp pelatihan jelang musim 2020-2021. Kemudian, pada saat Media Day, Davis juga menggunakan sepatu yang sama. Baik Nike maupun Davis tidak menyebutkan secara spesifik sepatu tersebut. Hanya ada detail kecil di bagian depan yang menampilkan huruf CMUBB. Dikutip dari sneakernews.com, kode tersebut identik dengan Cosmic Unity Basketball.

Tampilan Cosmic Unity Basketball mirip dengan desain Reebok Answer yang dipadukan dengan bantalan Zoom di mid-sole. Logo Swoosh tampak lebih besar dari sepatu Nike lainnya. Di situ ada warna yang merupai tata surya. Sementara pada bagian luar ada jaring melengkung yang dibuat timbul.

Menurut essentiallysports.com, Davis diperkirakan menerima AS$9 juta per tahun dari Nike. Itu setelah dia menandatangani ulang kesepakatan dengan pabrikan sepatu tersebut. (tor)

Foto: nba.com/lakers

Komentar