IBL

James Harden jelas jadi pemain yang paling diharapkan tampil oleh tim Houston Rockets. Ketika masuk ke "gelembung" NBA, Harden tampak sehat. Begitu juga saat dirinya mengikuti latihan perdana bersama Rockets. Kepala Pelatih Mike D'Antoni tampak gembira dengan kedatangan Harden.

Mike D'Antoni langsung gembira setelah Harden datang dengan kondisi fisik yang bagus. James yang sempat dikabarkan tertular virus korona, sama sekali tidak terlihat tanda-tanda sakit. Justru lebih sehat dari sebelumnya dan terlihat lebih kurus berotot.

"Dia (James) terlihat bagus," kata D'Antoni. "Dia bermain bagus hari ini. Ini awal yang bagus."

"James Harden yang sama," tambah Ben McLemore. "Senang melihatnya kembali. Sama sekali tidak ada yang berubah darinya. Dia adalah James Harden yan kami kenal."

James datang terlambat lima hari setelah rekan-rekannya masuk ke "gelembung" NBA di Disney World. Harden menjelaskan bahwa ada alasan keluarga yang membuatnya terlambat. Setelah datang ke area terbatas, Harden sudah menjalani karantina wajib selama dua hari. Pada hari Kamis, waktu Amerika Serikat, Harden dinyatakan bersih dan boleh memasuki kompleks latihan.

"Hari ini untuk pertama kalinya saya menjalani latihan lima lawan lima. Rasanya enak sekali," kata Harden.

Mike D'Antoni sebelumnya ingin meningkatkan kondisi fisik Harden secara bertahap. Ia tidak memaksa pemain andalannya tersebut siap untuk laga uji coba minggu depan. Hanya saja, melihat performanya di latihan perdana, tentu Harden bisa segera turun lapangan.

Meski jauh dari tim, D'Antoni selalu mengawasi pemainnya, termasuk Harden. Kabarnya Harden menjalani latihan sendiri. Hasilnya bisa dilihat, bahwa fisik Harden sama sekali tidak menurun meski penundaan NBA berlangsung selama hampir empat bulan lamanya.

James Harden kini berusia 30 tahun. Dia sudah delapan kali terpilih sebagai NBA All-Star dan menjadi MVP NBA 2018. Tiga musim terakhir Harden selalu menduduki tangga pertama untuk pencetak poin terbanyak. Musim 2019-2020 dirinya mencetak 34,4 poin, 6,4 rebound, dan 7,4 asis per gim. Kini Harden punya beban yang berat di pundaknya, yaitu membawa Rockets juara. (tor)

Foto: Twitter Houston Rockets

Komentar