IBL

Rombongan tim NBA gelombang ketiga sudah merapat di Walt Disney World Resort di Orlando, Florida, Kamis siang waktu Amerika Serikat. Bahkan tim gelombang pertama sudah menjalani latihan perdana. Namun ada beberapa bintang yang belum merapat ke Orlando. Mereka adalah Kawhi Leonard, Nikola Jokic, serta duet Rockets James Harden dan Russell Westbrook.

Jadwal terdekat dari tim-tim ini adalah laga uji coba yang dimulai 22 Juli mendatang. Tapi sebelum itu, mereka harus membiasakan diri dengan lingkungan di area terbatas. Musim reguler lanjutan NBA akan dimulai pada 30 Juli dan berakhir 14 Agustus. Sedangkan playoff akan berlangsung mulai 17 Agustus 2020.

Ternyata dari 22 tim peserta lanjutan NBA, ada beberapa pemain yang belum merapat ke Orlando. Bahkan empat pemain ini bisa dianggap sebagai bintang tim.

Nama pertama adalah forwarda Los Angeles Clippers Kawhi Leonard. Menurut berita yang dilansir Yahoo!Sports, Leonard memilih tetap di California dengan alasan pribadi yang tidak ingin disebutkan. Leonard kemungkinan baru bergabung setelah masuk masa playoff. Karena posisi Clippers sekarang masih aman.

Pemain bintang berikutnya yang belum merapat ke Orlando adalah Nikola Jokic. Senter Denver Nuggets itu masih tetap berada di Serbia. Sebab Jokic dikabarkan positif virus korona dan belum bisa kembali ke Amerika Serikat. Seperti yang tertuang dalam protokol kesehatan NBA, pemain baru boleh mendekat ke Orlando setelah dinyatakan negatif virus korona dua kali. Lalu setelah melakukan perjalanan, mereka harus melakukan tes kembali sebelum masuk ke area terbatas. Syaratnya, hasil tes negatif virus korona tiga kali berturut-turut. Tampaknya prosedur ini yang akan membuat Jokic belum bisa memperkuat Nuggets dalam waktu dekat.

Sementara dua nama terakhir milik Houston Rockets. Mereka yang belum masuk area terbatas NBA adalah duet James Harden dan Russell Westbrook. Salah satu sumber mengatakan kepada USA Today Sports bahwa keduanya tidak ada di pesawat yang menerbangkan tim Rockets ke Orlando. Belum jelas apa alasan kedua pemain tersebut tidak datang bersama rombongan. Tapi jelas keduanya sangat dibutuhkan tim untuk memenangkan gelar juara liga musim ini.

Sebelumnya, NBA sudah mengeluarkan aturan bahwa pemain yang tidak datang bersama rombongan akan diberlakukan tes tambahan. Tes tersebut akan dikategorikan berdasarkan transportasi yang digunakan pemain tersebut. Apakah memakai kendaraan pribadi, atau melakukan penerbangan dengan pesawat komersial. Semua sudah diatur NBA demi keamanan dan keselamatan bersama. (tor)

Foto: NBA

Komentar