IBL

Russell Westbrook positif tertular virus korona. Berita ini langsung menghebohkan jagad basket NBA. Ia dinyatakan positif sepulang dari pesta di Las Vegas. Padahal minggu ini Westbrook dijadwalkan merapat ke Orlando.

Westbrook adalah salah satu dari tiga pemain Houston Rockets yang tidak berangkat ke Orlando bersama rombongan. Dua pemain lain yaitu James Harden dan Luc Mbah, rekrutan baru Rockets. Kepala Pelatih Mike D'Antoni menyatakan kalau mereka berlatih sendiri sebelum merapat ke ESPN Wide World of Sports Complex untuk lanjutan NBA 2019-2020. Padahal aturan NBA sudah jelas, bahwa mereka yang tidak berangkat dengan rombongan tim maka akan menjalani tes lebih banyak.

Baca Juga: Tes Tambahan Bagi Pemain NBA yang Tidak Ikut Rombongan Masuk ke Orlando

Westbrook ternyata tidak ada latihan. Seperti dikutip dari Las Vegas Review-Journal, Westbrook ternyata berpesta di tepi kolam renang di Encore Beach Club, Wynn, Las Vegas. Terlihat fotonya bersama teman-temannya, termasuk mantan bintang NFL Reggie Bush, perancang busana Greg Yuna, binaragawan Mike Rashid, pelatih Valeriu Guto, dan tuan rumah sekaligus pemilik klub di Wynn, Jai Shaun White.

Mereka terlihat berfoto di luar ruangan, tepatnya di salah satu bungalow VIP ruang pesta, pada 13 Juni 2020 lalu. Dengan kata lain, satu bulan sebelum dirinya dinyatakan positif korona. Padahal, kalau ditarik waktu mundur, seharusnya saat itu pemain NBA sudah berada di kamp pelatihan masing-masing, serta menjalani tes rutin. Seperti yang sudah diatur dalam protokol kesehatan NBA.

Westbrook menjadi satu-satunya dari orang-orang yang ikut berpesta di Wynn yang mengumumkan positif korona. Belum diketahui bagaimana kabar rekan-rekan yang lainnya. Mereka datang ke Wynn pada akhir pekan pertama setelah hotel dibuka kembali untuk umum. Hingga saat ini belum ada jawaban dari pihak Wynn Las Vegas tentang kemungkinan Westbrook tertular virus korona di sana.

Baca Juga: Russell Westbrook Positif Virus Korona

Seperti prosedur yang sudah diatur NBA, pemain yang dinyatakan positif korona harus menjalani karantina. Mereka baru bisa masuk ke area terbatas atau "gelembung" NBA setelah menunjukkan tiga kali hasil tes negatif. Setelah masuk "gelembung" mereka dikarantina lagi, dengan prosedur yang sama. Baru bisa bergabung dengan timnya. Jadi diperkirakan Westbrook tidak akan bergabung dengan Rockets dalam waktu dekat. (tor)

Foto: Las Vegas Review-Journal

Komentar