IBL

NBA jelas ingin Walt Disney World Resort menjadi area yang bersih dari virus korona. Oleh sebab itu, pemain dan semua anggota tim yang akan masuk ke sana benar-benar harus mengikuti aturan. Kalau ada pemain yang tidak masuk bersama rombongan tim tersebut, maka mereka harus mengeluarkan biaya untuk tes tambahan.

NBA benar-benar ketat dalam melakukan pengawasan di area terbatas. Bahkan untuk syarat masuk ke Walt Disney World Resort, di Orlando menjadi sangat berat bagi pemain. Seorang pemain tidak diizinkan memasuki Orlando, bila mereka melewatkan tes virus korona dua hari sebelum keberangkatan. Jika seorang pemain tidak ikut tes terakhir dalam beberapa minggu terakhir, mereka harus mendapatkan hasil negatif selama enam kali tes berturut-turut, sebelum mereka masuk ke Orlando.

Soal perjalanan pun diatur oleh NBA. 22 tim sudah punya jadwal migrasi besar-besaran ke Orlando, yang akan dimulai pada 7 Juli hingga 9 Juli mendatang. Mereka masuk bersama rombongan tim masing-masing. Tapi bila ada yang tidak bersama rombongan, NBA juga punya aturan yang berbeda. Pemain yang masuk sendiri, tanpa ikut rombongan akan diperiksa jalur perjalannnya.

Ada tiga opsi yang tetapkan NBA, dengan konsekuensi biaya perjalanan ditanggung pemain itu sendiri. Tiga opsi tersebut adalah berpergian dengan mobil pribadi, bepergian dengan pesawat komersial, atau menyewa pesawat sendiri.

Bila pemain pergi dengan pesawat pribadi, atau menyewa pesawat sendiri, dan mengendarai mobil pribadi maka mereka harus bisa menunjukkan dua kali hasil tes negatif, baru bisa masuk area terbatas. Ketika terbang dengan pesawat komersial, maka pemain tersebut membutuhkan tiga tes negatif berturut-turut saat kedatangan. Ini artinya, para pemain harus mengeluarkan biaya tambahan agar bisa masuk ke area terbatas.

Bila ada pemain yang hasil tesnya positif korona, maka perlu melakukan karantina dan memastikan dirinya bebas dari virus dengan bukti dua kali tes negatif. Ini demi menjaga agar Walt Disney World Resort tetap bersih.

Tapi kenyataannya, sudah ada wabah virus korona yang masuk ke Orlando, tepatnya di Walt Disney World Resort. Minggu lalu, Major League Soccer mempersiapkan liga lanjutan di tempat tersebut. Lalu tiba-tiba ada enam pemain FC Dallas yang dinyatakan positif virus korona. Semua anggota tim sekarang dikarantina, dan pertandingan FC Dallas melawan Vancouver Whitecaps pada 9 Juli mendatang diputuskan untuk ditunda. (tor)

Foto: NBA

Komentar