IBL

NBA kembali merilis berita gembira dari "gelembung" di Walt Disney World Resort, Orlando. Hasil tes 343 pemain yang dilakukan 29 Juli hasilnya negatif. Artinya, hingga saat ini mereka aman dari penularan virus korona. Sementara itu, kompetisi juga berlangsung dengan lancar.

Sudah tiga kali tes masal yang dilakukan NBA mengeluarkan hasil yang bagus. Ini menjadi bukti bahwa strategi membuat "gelembung" tidak sia-sia. Semua pemain dinyatakan aman dari penularan virus korona. Ini berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada 29 Juli lalu. Artinya, sudah tidak ada lagi pemain yang terdeteksi positif virus korona sejak 13 Juli 2020.

Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan bahwa NBA kini mengurangi jumlah hari karantina bila ditemukan hasil tes yang kurang meyakinkan. Awalnya, seorang pemain yang ditemukan hasil tes meragukan, akan dikarantika dua hari atau 48 jam. Selama periode ini, pemain harus menunjukkan lima tes dengan hasil negatif untuk bisa keluar dari ruang karantina.

Tetapi karena dirasa sudah makin aman, jumlah hari karantina dipangkas menjadi satu hari atau 24 jam. Seorang pemain yang hasil tesnya diragukan, maka dikarantina satu hari. Pemain tersebut bisa keluar untuk latihan, dan bahkan bisa bermain di arena ketika mereka bisa menunjukkan hasil tes negatif dalam waktu 60 menit sebelum permainan.

Ini dilakukan agar tidak mengganggu strategi tim pada saat playoff. Karena, kenyataannya hasil tes yang meragukan itu belum tentu positif korona. Kalau yang dikarantina adalah pemain kunci, tentu akan menyulitkan bagi tim tersebut. Oleh karena itu, NBA berupaya agar memperpendek masa karantina. (tor)

Foto: NBA

Komentar