IBL

Marc Gasol mulai melebarkan sayap ke arena 3x3. Bukan sebagai pemain, melainkan sebagai pemilik klub. Marc memang punya klub basket bernama Girona Basket. Kini Marc mengumumkan akan membuat tim 3x3 profesional pertama di Spanyol.

Di kompetisi 3x3 profesional seperti Tur Dunia (World Tour), hampir tidak ditemukan tim dari Spanyol. Rata-rata mereka dari Latvia, Serbia, Slovenia, Belanda, dan negara-negara di Amerika dan Asia. Inilah celah yang dilihat oleh legenda basket Spanyol sekaligus pemain Toronto Raptors, Marc Gasol.

Marc memang punya tim basket lokal di Spanyol bernama Girona Basket. Kali ini Marc berencana membuat tim 3x3 profesional beranggotakan pemain-pemain nasional 3x3 Spanyol. Mereka adalah Nacho Martin, Alex Llorca, Xavi Guirao, Sergi Pino, Sergio de la Fuente, dan Javi Vega. Mereka akan dipimpin oleh pelatih timnas 3x3 Spanyol bernama Juame Comas.

"Sebagai kapten tim, saya mengucapkan terima kasih kepada klub dan presiden klub (Marc Gasol) karena membuat hal ini terjadi. Kami senang menjadi bagian dari klub ini dan menunggu sangat lama," kata Martin, seperti dilansir fiba.basketball. "Tujuan kami adalah mencapai World Tour Masters."

Selama ini, Nacho Martin dan kawan-kawannya memang tampil di World Tour, menggunakan nama Barcelona. Namun tim ini menggunakan dana pribadi. Saat ini Martin menjadi pemain 3x3 peringkat pertama di Spanyol. Dirinya pernah memenangkan medali perak untuk Spanyol di ajang 3x3 Olimpiade 2015. Dia juga membawa tim Spanyol mencapai semi-final FIBA 3x3 Piala Eropa tahun lalu. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar