IBL

Foul atau pelanggaran adalah salah satu hal yang sangat lumrah dalam pertandingan basket. Dalam beberapa kondisi, foul memang harus dilakukan guna mencegah tim lawan mencetak poin dengan kondisi yang mudah. Di beberapa kondisi lainnya, foul terjaid begitu saja karena pemain bertahan melakukan kesalahan saat menjaga lawannya.

Dalam istilah basket, ada pelanggaran yang disebut sebagai pelanggaran bagus, ada pula yang disebut buruk. Pelanggaran bagus biasa disematkan kepada pelanggaran yang tidak mengakibatkan keuntungan apapun untuk tim lawan.

Salah satu contoh pelanggaran bagus terjadi di gim final ABL 2019 antara CLS Knights dan Singapore Slingers. Sadar CLS Knights belum dalam kondisi team foul dan waktu yang sudah menipis, Sandy Febiansyakh Kusuma melanggar pemain Slingers sehinga para pemain CLS Knights bisa kembali ke area bertahan mereka dalam kondisi yang lebih siap.

Sementara untuk pelanggaran buruk, banyak sekali contohnya. Bahkan, bisa dibilang, semua pelanggaran yang berujung pada kondisi three point play atau yang kerap disebut “and one” adalah pelanggaran yang buruk.

Di NBA 2019-2020 sendiri, ada lima pemain yang berulang kali membuat pemain lain melakukan pelanggaran buruk. Pasalnya, mereka cukup sering berhasil mendapatkan keuntungan dari pelanggaran tersebut. Mengapa mereka mampu mencetak and one secara konsisten, alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah latihan. Latihan menjaga keseimbangan saat dilanggar dan juga melatih kekuatan tubuh mereka. Berikut lima pemain tersebut.

1.Giannis Antetokoumpo (86 kali)

Giannis Antetokoumpo memimpin daftar pemain dengan and one terbanyak di liga untuk musim ini. Dari 623 tembakan yang masuk (field goal made), 86 di antaranya mendapatkan bonus satu tembakan gratis. Selain memimpin liga, Giannis juga jauh meninggalkan rekan-rekannya di Milwaukee Bucks. Pemain kedua di Bucks dengan and one terbanyak adalah Eric Bledsoe dengan 31 kali.

2.Montrezl Harrell (72 kali)

Satu-satunya pemain cadangan di daftar ini adalah Montrezl Harrell. Pemain yang akrab disapa Trezz tercatat 72 kali mendapatkan and one dari 471 tembakan masuk. Area kerja Trezz yang banyak di area kunci dan menjadi sasaran umpan pemain-pemain Clippers lainnya membuatnya sering dilanggar lawan. Ia meninggalkan Kawhi Leonard di peringkat kedua pemain dengan and one terbanyak di Clippers dengan 40 kali.

3.James Harden (67 kali)

James Harden memiliki pamor sebagai salah satu pemain paling sering dilanggar di NBA atau mungkin paling sering mendapatkan pelanggaran. Akan tetapi, musim ini, ia tertahan di peringkat tiga dengan 67 kali mendapatkan and one. Pun demikian, Harden masih menjadi pemain dengan and one terbanyak di Rockets mengungguli Russell Westbrook dengan 43 kali.

4.Luka Doncic (64 kali)

Luka jadi pemain dengan penguasaan bola dominan ketiga daftar ini. Sebagai pemain dengan percobaan tembakan paling banyak di Dallas Mavericks, ia berhasil mendapatkan and one 64 kali. Dari tiga nama sebelumnya, Doncic jadi pemain dengan selisih jumlah and one terbanyak dengan rekan satu timnya. Kristaps Porzingis di peringkat dua hanya mendapatkan 23 kali and one musim ini.

5.LeBron James (62 kali)

Pemain tertua di daftar ini adalah LeBron James. Di usia 35 tahun ini dan juga didampingi oleh Anthony Davis, LeBron tetap jadi pemain yang paling sering mendapatkan and one untuk Lakers dengan 62 kali. Kekuatan tubuh LeBron dan kemampuannya saat menerobos sudah tidak perlu diragukan lagi. Selama 15 musim berkarier di NBA, terobosan ke area kunci selalu menjadi serangan andalan LeBron. Davis di peringkat dua menorehkan 50 kali and one.

Foto: NBA

 

Komentar