IBL

Tripoin buzzer beater Kawhi Leonard saat Toronto Raptors berhadapan dengan Philadelphia 76ers di semifinal Wilayah Timur musim lalu memang cukup berkesan. Selain membawa Raptors lolos ke final wilayah hingga akhirnya menjadi juara NBA 2019, tembakan tersebut juga menjadi buzzer beater kemenangan perdana di gim ketujuh playoff sepanjang sejarah NBA. Momen tersebut terasa semakin manis usai fotonya dinobatkan sebagai foto olahraga terbaik 2019.

Selain tembakan Kawhi, ada beberapa tembakan dalam sejarah NBA yang juga memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Legenda Chicago Bulls, Michael Jordan, memiliki dua tembakan yang disebut “The Shot”. Satu saat melawan Cleveland Cavaliers dan satu lagi tembakan terakhirnya menggunakan jersey Bulls melawan Utah Jazz.

Lalu ada juga tembakan tripoint  yang mengubah sejarah panjang NBA dari Ray Allen. Bagi Anda penggemar Miami Heat, mungkin ini adalah tembakan terbaik sepanjang sejarah organisasi kalian. Sementara untuk penggemar San Antonio Spurs, tembakan ini adalah tembakan paling menyayat hati (meski akhirnya Spurs juara musim selanjutnya).

Selasa, 18 Juni 2013, Gim enam final NBA 2013. Heat tertinggal (2-3) secara agregat atas Spurs. Spurs unggul 95-92 usai Kawhi Leonard hanya memasukkan 1 dari 2 tembakan gratisnya dan sisa waktu 19,4 detik. Mario Chalmers membawa bola ke area sayap kiri Spurs untuk melalukan pick n pop dengan LeBron James.

LeBron lantas mendapatkan bantuan tembok (screen) dari Chris Bosh untuk menerima umpan Chalmers dan melepaskan tripoint di sisa 9,6 detik. Tripoin itu terlalu kencang dan akhirnya memantul keluar. Bosh yang menjadi pemain tertinggi di lapangan berhasil menjangkau bola lebih dulu ketimbang Manu Ginobili dan Danny Green.

Ray Allen yang juga ada di kerumunan perebutan rebound tersebut mengikuti instingnya sebagai penambak jitu. Ia berlari mundur ke arah sudut kanan tripoint dan Bosh yang melihat itu langsung memberi umpan. Satu langkah ke belakang dan Allen tanpa pikir panjang melepaskan tripoint di sisa 5,2 detik. “BANG!!!”, teriak komentator NBA, Mike Breen seketika.

Kondisi sama kuat di angka 95. Spurs tak bisa menambah poin di penguasaan bola selanjutnya. Gim berlanjut ke babak tambahan waktu dan Heat lantas memenangi gim keenam. Gim ketujuh yang kembali digelar di kandang Heat berjalan sengit tapi tak lebih sulit dari gim keenam untuk Heat. Heat memenangi gim dengan skor 95-88 dan meraih gelar juara kedua secara beruntun.

Sekarang, kita luaskan pandangan kita tentang dampak tembakan Allen tersebut. Kita berandai-andai, bagaimana jika tembakan tersebut tidak masuk? Apa yang akan terjadi di NBA?

 Jika tembakan tersebut tidak masuk, hampir bisa dipastikan Spurs merengkuh gelar juara. Di area kunci, hanya ada dua pemain Heat saat tembakan tersebut dilepaskan, berbanding tiga pemain Spurs ( Boris Diaw dan Ginobili sudah dalam posisi boxout). Jika Spurs juara, maka gelar kelima mereka akan datang setahun lebih cepat.

Jika Spurs juara musim itu, maka Gregg Popovich dan Tim Duncan akan menorehkan rekor sempurna di final (5-0). Dengan asumsi Spurs 2014 adalah Spurs dengan performa terbaik sepanjang masa, maka mereka bisa saja merebut gelar keenam dan menyamai rekor Michael Jordan dengan enam kali final dan enam kali gelar juara.

Andai tembakan tersebut tidak masuk, para pencibir LeBron akan sangat gembira. LeBron hanya akan meraih satu gelar juara dan sudah kalah di tiga final. Rekor keseluruhan LeBron mungkin akan jadi (2-7. Sebaliknya untuk Kawhi, gelar tersebut akan menjadi gelar pertamanya dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain muda terbaik NBA kala itu.

Kekalahan di final 2013 juga akan mencoreng dinasti Big Three Heat kala itu. Mereka sudah kalah atas Dallas Mavericks yang sama sekali tidak diunggulkan di final 2011. Di sisi lain, ini juga membuktikan bahwa Heat tak bisa menang atas tim dengan kekuatan veteran yang bagus. Kemenangan mereka di tahun 2012 juga terjadi atas tim sangat muda Oklahoma City Thunder.

Terakhir, gim ini juga akan berdampak pada resume legenda NBA, Tracy McGrady. Ya, jika tripoin Allen tidak masuk, McGrady akan meraih gelar juara untuk pertama kalinya. McGrady bergabung ke Spurs tepat sebelum playoff. Ia tampil enam kali di playoff tanpa sekalipun mencetak poin. Namun, ini jadi pengalaman pertama McGrady tampil melebihi putaran pertama playoff.

Hal-hal yang tertulis di atas memang berisi pengandaian-pengandaian yang kita juga tidak akan pernah tahu akan terjadi atau tidak. Mungkin di dimensi lain, Spurs yang juara, tapi tidak di dimensi ini. “The shot” dari Ray Allen akan selamanya dikenang sebagai salah satu tembakan terbaik (jika bukan terbaik) di gim final NBA.

Foto: Getty Images/NBA

Komentar