IBL

Pengumuman pensiun Tony Parker beberapa waktu lalu menandai akhir dari era trio San Antonio Spurs yang digawangi olehnya, Manu Ginobili, dan Tim Duncan. Trio pemain ini membawa kejayaan bagi Spurs dengan raihan lima gelar juara sejak 1999 yang empat di antaranya selalu menghadirkan tiga pemain ini. Selain itu, mereka juga menjadi kunci keberhasilan Spurs mempertahankan catatan selalu lolos ke playoff sejak 1998.

Namun, era baru dari trio Spurs ini sepertinya akan dimulai. Melalui rilis resmi NBA, Spurs baru saja mengembalikan Tim Duncan ke dalam skuat mereka. Kali ini tak lagi sebagai pemain, melainkan sebagai asisten pelatih dari Gregg Popovich. Tak hanya Timmy (sapaan akrab Tim Duncan), Spurs juga menambahkan satu asisten pelatih lainnya bernama Will Hardy.

Will sendiri sebenarnya bukan nama baru di organisasi Spurs. Dalam hitungan tahun, Will sudah berada di Spurs sejak 2010, kala masih menjadi staf magang operasional basket. Ia lantas naik pangkat menjadi koordinator video tiga tahun kemudian dan akhirnya menjadi asisten pelatih di musim depan.

“Will Hardy adalah orang yang sangat berbakat. Ia adalah orang yang benar-benar memikirkan basket dan ia sudah mendapatkan rasa hormat semua orang di sini atas pengetahuan, semangat, dan kepribadiannya,”ujar Pops (sapaan akrab Gregg Popovich) dilansir NBA.

Di sisi lain, bergabungnya Timmy bisa dibilang tidak diduga sama sekali. Pasalnya, saat memutuskan pensiun di musim panas tiga tahun lalu, ia tak menunjukkan tanda-tanda ingin terjun di dunia kepelatihan. Beberapa kali media-media basket Amerika Serikat juga mengunggah gambar dirinya yang menikmati masa pensiun dengan santai, termasuk menjadikan rambutnya gimbal.

Fakta lainnya, Timmy sebenarnya tak pernah benar-benar pergi dari Spurs. Meski pensiun, ia tampak beberapa kali datang ke fasilitas latihan Spurs dan menjadi lawan tanding atau memberi latihan kepada beberapa pemain Spurs.

“Ini kesepakatan yang sangat tepat. Setelah saya mengabdi selama 19 tahun sebagai asisten Tim Duncan, kini ia membalasnya dengan menjadi asisten saya,”kelakar Pops.

Timmy bukanlah mantan pemain Spurs pertama yang menjadi asisten pelatih Pops. Sebelumnya, ada nama-nama seperti Avery Johnson, Doc Rivers, hingga Steve Kerr yang menjadi asisten Pops selepas pensiun. Dua nama yang disebut terakhir masih menjadi kepala pelatih di NBA sekarang. Doc bersama Los Angeles Clippers sementara Steve sudah membangun dinasti baru dengan Golden State Warriors. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar