IBL

Pandemi virus korona membuat dampak besar terhadap tatanan dunia. Bidang olahraga sudah berhenti sejak virus menyebar ke hampir seluruh dunia tersebut. NBA juga menghentikan semua kegiatan pada 11 Maret sejak senter Utah Jazz, Rudi Gobert dinyatakan positif terjangkit virus korona.

Karena tidak ada kegiatan selama musim ditunda, maka para pemain punya banyak waktu untuk memperbaiki diri masing-masing. Agar nantinya bisa kembali dengan penampilan terbaik. Untuk pemain cedera, libur yang tidak biasa ini membuat mereka punya banyak waktu untuk memulihkan diri.

Para pemain NBA melakukan latihan keras selama hiatus. Bagi beberapa pemain, ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kekuatan fisiknya. Sementara liga akan dilanjutkan 31 Juli mendatang, mereka masih punya waktu satu setengah bulan untuk mencapai puncak performa. Alasan ini masuk akal, sebab ada tim-tim sudah pasti masuk playoff. Tentu mereka dituntut untuk tampil prima.

Ada pula pemain yang memanfaatkan penundaan liga ini untuk membentuk kembali tubuh mereka. Meningkatkan massa otot dengan latihan keras setiap hari. Perubahan mereka sudah bisa dilihat.

Berikut transformasi beberapa pemain NBA selama hiatus:

Russell Westbrook
Tidak ada yang meragukan bahwa MVP NBA 2017 tersebut merupakan atlet yang luar biasa. Westbrook adalah salah satu bintang utama NBA beberapa tahun terakhir. Musim ini, Westbrook bergabung dengan Houston Rockets dan tampil sangat baik bersama James Harden.

Bulan lalu, latihan berat Westbrook bisa dilihat di unggahan instagram pelatihnya, Ron Boss Everline. Westbrook terlihat melahap latihan berat. Selain itu, ada pula sesi latihan bersama aktor dan komedian, Kevin Hart.

Tekad Westbrook terlihat dari keseriusannya berlatih. Sehingga, pemain yang masuk NBA All-Star sembilan kali itu kini terlihat memiliki massa otot yang lebih besar.

James Harden
Selama penundaan liga, Harden sibuk dengan latihan yang berat. Dalam sebuah wawancara dengan The Athletic bulan Mei lalu, Harden menyebutkan latihan apa saja yang dilakukan selama libur ini.

"Saya sudah melakukan banyak latihan kardio," katanya. "Saya punya treadmill di rumah, dan alat-alat yang diperlukan."

Harden juga menyebutkan bahwa untuk latihan fisik dilakukan dua hingga tiga kali sehari. Foto-foto James Harden telihat lebih kurus dari sebelumnya. Sementara itu, menariknya justru penggemar tidak melihat perubahan fisik, malah menyoroti jenggotnya yang semakin lebat namun kurang rapih.

Nikola Jokic
Transformasi Jokic mungkin terlihat paling jelas dibandingkan pemain lainnya. Jokic sebelumnya tercatat memiliki berat badan 129 kilogram. Tapi kini, Jokic sepertinya berhasil menurunkan berat badannya. Ini terlihat dari unggahan foto-foto terakhir pemain asal Serbia tersebut.

The Joker dilaporkan menurunkan berat badannya hingga 11-13 kilogram. Penggemarnya di twitter memuji transformasi senter Denver Nuggets tersebut.

LeBron James
King James tidak pernah berhenti merawat tubuhnya. MVP empat kali tersebut memperlihatkan latihan selama karantina mandiri di rumah. Bintang Lakers ini bahkan sering memberi tips menjaga kebugaran fisik bagi penggemarnya.

James berlatih kardio secara intens. Melatih kekuatan otot inti bagian atas dan bawah. Semuanya dilakukan demi meningkatkan kekuatan fisiknya. Tujuannya tentu dirinya ingin tampil lebih baik, serta memenangkan gelar juara NBA bersama LA Lakers.

Marc Gasol
Pemain Toronto Raptors tersebut dilaporkan telah menjalani latihan untuk menurunkan berat badannya. Kepala Pelatih Nick Nurse sendiri yang membenarkan hal tersebut. Gasol punya keinginan untuk menjadi lebih cepat dan gesit dari sebelumnya. Oleh sebab itu, dirinya memilih untuk menurunkan berat badan.

"Ini sangat baik. Saya melihat wajah Marc berubah. Jadi saya pikir berat badannya memang berkurang sekarang," kata Nick Nurse.

Penggemar Raptors gembira dengan perubahan Gasol. Sebab, mereka ingin tim kebanggaannya bisa mempertahankan gelar juara NBA. (tor)

Foto: NBA
Video: YouTube

Komentar