IBL

NBA akan kembali bergulir setelah mengalami penundaan selama 85 hari, karena pandemi virus korona. Pada hari Kamis, waktu Amerika Serikat, dewan komisaris NBA menyetujui usulan bermain dengan 22 tim pada 31 Juli di ESPN Wide World od Sports Complex di Walt Disney World Resort, Orlando, Florida.

Berikut beberapa fakta mengenai kembalinya NBA musim 2019-2020:

NBA musim ini sudah kembali. Kabar yang menggembirakan. Tapi apa selanjutnya?

Sebelum NBA kembali bergulir, tentu tim-tim harus kembali mengumpulkan pemain. Ini berarti para pemain harus melakukan perjalanan, bisa jadi antar-negara. Aturan di Amerika Serikat mengharuskan orang dari luar negeri harus menjalani karantina selama dua minggu.

Pihak NBA sendiri sudah mengizinkan tim-tim membuka fasilitas latihan, serta melakukan latihan bersama pada 30 Juni 2020. Selanjutnya, semua tim akan terbang ke Florida pada 7 Juli 2020, atau tiga minggu sebelum NBA dimulai lagi. Sampai di Florida, mereka harus menjalani karantina 14 hari.

Ada kemungkinan NBA akan menggelar gim pemanasan. Semacam eksibisi atau scrimmage game. Tapi usulan ini masih akan dibahas lebih lanjut.

Mengapa NBA memilih 22 tim?

Jika liga kembali dengan 16 tim, maka akan lebih mudah. Lebih cepat menentukan siapa yang akan jadi juara 2020. Tetapi opsi tersebut tidak dipilih.

Alasan utama kenapa harus 22 tim yaitu uang. Jika 259 pertandingan musim reguler 2019-2020 yang tersisa dibatalkan, maka para pemain mengalami kerugian setidaknya AS$465 juta. Sedangkan ketika 88 gim kembali dimainkan, maka kerugian semua pemain berkurang menjadi AS$ 300 juta.

Saat ini gaji pemain dipotong 25 persen oleh tim masing-masing. Jika musim reguler dibatalkan, maka bisa saja pemotongan gaji sebesar 40 persen hingga bulan November. Dengan beberapa gim reguler yang dimainkan, maka pemotongan gaji tidak terlalu besar. Selain itu, memungkinkan bagi NBA untuk mengembalikan beberapa uang yang hilang dari siaran televisi.

Mengapa NBA memutuskan kembali bulan Juli?

Pada bulan April lalu, Komisaris NBA Adam Silver menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan kembalinya liga. Saat itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Silver ingin memastikan tes virus korona dilakukan secara besar-besaran dulu. Setelah itu, baru melihat apa langkah yang dilakukan pemerintah.

Pada awal Mei, NBA melakukan pengujian besar-besaran untuk atletnya. Hal tersebut untuk mengetahui berapa banyak atlet yang dinyatakan positif.

Sementara itu, NBA pada akhir bulan Mei berkerjasama dengan para pakar kesehatan untuk membuat rencana mengurasi risiko penularan virus korona. Baru setelah itu NBA berani mengumumkan kelanjutan kompetisi musim ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan musim 2019-2020?

NBA memperkirakan bahwa Final NBA 2020 gim tujuh kemungkinan digelar 12 Oktober. Dengan kompetisi yang akan dimulai pada 31 Juli, berarti perkiraan waktu penyelenggaraan adalah 74 hari.

Seperti apa jadwal pertandingannya?

Untuk lanjutan musim reguler diperkirakan memakan waktu 16 hari. Maka akan ada lima hingga enam pertandingan per hari. Format tersebut bisa saja dipakai untuk playoff putaran pertama.

Sumber liga mengatakan bahwa NBA akan memakai tiga fasilitas lapangan basket di Wide World of Sports Complex, yaitu The Arena, HP Field House, dan Visa Athletic Center.

Jadwal musim reguler 2019-2020 akan menjadi panduan utamanya. Tetapi ada beberapa modifikasi karena akan ada tim yang dieliminasi. Saat ini NBA masih mematangkan jadwal tersebut.

Apakah masih menggunakan klasemen musim reguler?

Jawabannya masih. Tim-tim tersebut akan berusaha berjuang mengamankan posisi 1 sampai 8. Tim urutan bawah berjuang mendapatkan tiket playoff, sedangkan tim papan atas berebut peringkat yang aman.

Bagaimana dengan delapan tim yang tidak ikut ke Orlando?

Tim yang tidak ikut ke Orlando diharapkan berpartisipasi dalam mini-camp yang digelar akhir tahun. NBA masih membahas, apakah kamp itu juga berlaku bagi tim yang tereliminasi dari Orlando.

Apakah akan ada tes virus korona?

NBA berencana melakukan pengujian terhadap semua orang di lingkungan itu setiap hari. Pada ahli epidemiologi mengatakan bahwa hal tersebut harus dilaukan NBA untuk memastikan komunitasnya aman.

Apa yang terjadi jika ada yang dinyatakan positif?

NBA tentu memiliki daftar orang yang akan datang ke tempat penyelenggaraan pertandingan. Jumlahnya memang besar karena ada pemain, pelatih, dan staf kepelatihan.

Kalau ada yang dinyatakan positif, maka NBA akan mengisolasi orang tersebut, dan memantau rekan-rekan sekitarnya. Liga juga tidak akan menghentikan kompetisinya, kalau hanya satu orang saja yang dinyatakan positif.

Bagaimana NBA menangani individu dengan risiko tinggi?

Dari 22 tim yang akan berangkat ke Orlando, beberapa memiliki pelatih dan staf yang berusia lebih dari 60 tahun. Ada Gregg Popovich (71 tahun), Mike D'Antoni (69 tahun), Alvin Gentry (65 tahun), Terry Stotts (62 tahun), dan Rick Carlisle (60 tahun). Diharapkan mereka semua bersedia melakukan tes setiap hari untuk mengurangi risiko.

Bagaimana bila ada pemain yang menolak bermain?

Tidak mungkin bagi NBA memaksa pemain yang tidak ingin berpartisipasi. Liga memastikan semua tim yang datang ke Orlando punya peluang playoff. Ini menghindarkan anggapan bahwa pertandingan yang dimainkan sia-sia.

NBA tentu tidak punya kewenangan untuk memaksa pemain. Namun tim bisa saja melakukan pemotongan gaji atau sebagainya, tergantung kebijakan masing-masing.

Berapa banyak orang dalam satu tim yang akan terbang ke Orlando?

NBA membatasi setiap tim hanya bisa membawa 35 orang ke Orlando. Sebab, bila kondisi normal, maka satu tim bisa beranggotakan 28 orang. Itu jumlah minimum.

Karena di Orlando akan bertahan selama tiga bulan, maka jumlah personel tim bisa saja ditambahkan. Itu mungkin petugas kesehatan atau dokter.

Ada kemungkinan akses keluar-masuk di area terbatas?

Liga memang membatasi akses anggota tim. Tapi di lingkungan terbatas tersebut sudah disediakan restoran dan tempat rekreasi seperti lapangan golf. NBA tetap berharap tim-tim patuh untuk menjaga area terbatas agar mencegah masuknya virus korona.

Liga sedang mematangkan aturan untuk anggota keluarga pemain. Usulan awalnya, anggota keluarga yang memasuki area terbatas harus bersedia dikarantina dulu dan melakukan tes rutin.

Sementara itu, NBA memberikan akses khusus keluar-masuk untuk pemain yang harus menjalani tes medis seperti MRI dan lain sebagianya. Hal itu dimungkinkan bila fasilitas kesehatan di area terbatas kurang.

Apakah Orlando Magic juga harus masuk area terbatas?

Pertanyaan ini memang konyol, karena markas Magic hanya beberapa ratus meter dari Disney World. Tetapi untuk menjaga keamanan terhadap lingkungan area terbatas, maka NBA juga mewajibkan Orlando Magic bergabung dengan tim-tim lainnya.

Bagaimana mekanisme Draft NBA 2020?

14 tim yang akhirnya tidak melaju ke playoff akan masuk Draft Lottery 2020. Urutan lotre berdasarkan pada klasemen 11 Maret 2020, ketika musim ditunda.

Kapan musim berikutnya dimulai?

Sumber NBA mengatakan pada Adrian Wojnarowski bahwa malam pembukaan NBA musim 2020-2021 akan dilakukan pada 1 Desember 2020. (tor)

Foto: NBA

Komentar