IBL

NBA segera dimulai kembali. Sacramento Kings akan meninggalkan markas mereka di Golden 1 Center untuk merapat ke Orlando, pada 8 Juli mendatang. Kings kini punya 17 pemain yang siap bertanding. Mereka punya kesempatan masuk playoff, dengan syarat bisa menyingkirkan Memphis Grizzlies.

Nasib Sacramento Kings bergantung pada delapan pertandingan awal, atau perebutan tempat playoff. Untuk laga perdana, mereka akan berhadapan dengan San Antonio Spurs pada 31 Juli 2020. Memang ada kabar kurang sedap dari tim tersebut, yaitu tiga pemainnya positif terjangkit virus korona. Mereka adalah Alex Len, Buddy Hield, dan Jabari Parker yang saat ini masih berada di Chicago. Namun melihat rentan waktu yang ada, kemungkinan mereka bisa memperkuat timnya.

Selain kasus positif korona, ada beberapa pemain yang belum menjawab panggilan kepala pelatih Luke Walton. Mereka disinyalir masih ragu untuk bisa ikut ke Orlando. Tapi setidaknya, mereka yang belum menjawab, bukanlah pilihan utama Walton. Berikut perkiraan roster Sacramento Kings, yang bakal punya peluang melaju ke playoff.

Fox menjadi pilihan utama Walton. Garda yang memasuki tahun ketiga di NBA itu melakukan lompatan besar dengan tampil sebagai pencetak poin utama di tim. Penundaan liga, membawa keuntungan tersendiri bagi Fox. Ia bisa menyembuhkan cedera pergelangan kaki kiri yang diderita di awal musim.

Bergeser ke Bogdanovic. Ia akan jadi pilihan Walton karena berjasa membawa Kings mencetak 13-7 di awal musim. Sebelum jeda musim, Bogdanovic mampu mencetak rata-rata 17 poin per gim, dengan 52 persen tembakan dua angka, serta 41 persen tripoin.

Barnes menjadi pilihan Walton karena kepandaiannya mengecoh pertahanan lawan. Menciptakan situasi, dan cepat dalam transisi. Sementara Bjelica telah membantu Kings lebih stabil. Pemain berusia 31 tahun asal Seribia tersebut mencetak 42,4 persen tripoin. Lalu yang terakhir adalah Richaun Holmes. Pemain 26 tahun itu punya peran yang besar untuk Kings musim ini. Istirahat di saat hiatus, membuat bahunya bisa kembali normal.

Unit Kedua
Cory Joseph, Buddy Hield, Kent Bazemore, Harry Giles, Alex Len

Joseph terbukti bisa menggantikan peran Fox. Ini setelah Fox cedera pergelangan kaki, ternyata Joseph mampu menggantikan perannya dengan baik. Lalu Kent Bazemore juga bisa dipakai sebagai alternatif. Salah satu kelebihan Baze adalah pertahanan yang baik.

Ketika Holmes cedera bahu, Giles dan Len yang masuk menggantikan perannya. Mereka berdua memberikan ketenangan pada Walton, khususnya dari sisi rebound. Sedangkan yang terakhir adalah Buddy Hield. Kondisinya memang tidak seratus persen karena tertular virus korona. Tapi bila Kings ingin mengamankan tiket playoff, maka mereka membutuhkan Hield. Karena musim lalu, Hield menjadi salah satu penembak jitu hebat di liga.

Pemain Cadangan
Yogi Ferrell, Justin James, Jabari Parker, Kyle Guy, DaQuan Jeffries

Ferrel bermain 71 pertandingan musim lalu, dan menyumbang banyak poin. Ketika Joseph masuk, menit bermain Ferrell berkurang. Tapi sebagai pemain profesional, seharusnya Ferrell tetap menjaga kondisi agar selalu siap ketika dibutuhkan. Sedangkan Justin James adalah pemain yang masuk putaran kedua musim lalu. James masih muda dan masih punya ruang untuk berkembang.

Parker dan Len merupakan pemain yang datang di pertengahan musim. Bisa jadi alternatif pilihan Walton, tapi sayangnya kedua pemain tersebut sedang terjangkit virus korona. Sementara Guy dan Jeffries adalah pemain yang harus dibawa Kings ke Orlando. Setidaknya untuk menjaga agar roster tetap stabil.

Kartu Liar
Marvin Bagley, Corey Brewer

Marvin Bagley benar-benar hancur karena cedera. Pertama di awal musim ibu jarinya patah. Kemudian masalah kaki menjadi penghambat. Kalau kondisinya sehat, bisa saja Walton memasangnya dalam pertandingan. Tetapi ini seperti perjudian. Sedangkan Brewer kini sudah tergolong pemain veteran. Tidak mungkin Walton memaksakan dirinya bermain dengan menit yang banyak. Tetapi sekali lagi, mereka juga harus dibawa ke Orlando untuk memenuhi kuota pemain. (tor)

Foto: Essentially Sports

Komentar