IBL

Perkembangan perencanaan NBA untuk melanjutkan musim semakin bagus. Akhir musim panas ini diyakini jadi waktu yang tepat untuk melanjutkan kompetisi. Meskipun format dan jadwalnya belum diputuskan. Namun Dewan Eksekutif NBA memilih untuk melanjutkan babak playoff dengan sistem turnamen, seperti Piala Dunia Basket.

Jack Maloney dari cbssports.com melaporkan bahwa Disney World di Orlando menjadi tempat yang dipilih NBA. Lalu beberapa masalah logistik masih jadi pembahasan internal. Namun dalam beberapa hari terakhir, ada sejumlah usulan terkait opsi format untuk melanjutkan musim kompetisi 2019-2020. Opsi yang ditawarkan salah satunya adalah membatalkan sisa musim reguler, dan langsung menuju playoff. Opsi playoff yang ditawarkan yaitu turnamen satu tempat. Seperti penyelenggaraan Piala Dunia Basket (FIBA World Cup).

Hari Kamis, waktu Amerika Serikat, Dewan Eksekutif NBA yang terdiri dari manajer umum tim-tim NBA mengadakan pertemuan dengan Komisioner NBA Adam Silver. Mereka berdiskusi tentang rencana melanjutkan liga, tetapi tidak akan mengeluarkan keputusan formal. Tetapi Kevin O'Connor dari The Ringer melaporkan bahwa setengah dari manajer umum klub NBA lebih suka langsung ke babak playoff saja.

Turnamen satu lokasi juga dianggap sebagai solusi yang tepat untuk playoff NBA musim ini. Sebab, bisa lebih aman bagi pemain. Selain itu format kompetisi mirip Piala Dunia Basket juga dianggap sebagai solusi yang bagus. Formatnya yaitu round-robin untuk babak penyisihan, dan sistem gugur untuk semifinal dan final.

Kalau sebagian tim setuju, tentu ada sebagian yang tidak setuju. Kubu yang tidak setuju khususnya adalah beberapa tim yang dekat dengan tiket playoff seperti Portland Trail Blazers, New Orleans Pelicans, Sacramento Kings, dan San Antonio Spurs. Mereka tentu merasa layak masuk playoff. Oleh karena itu, tim-tim itu tidak mendukung bila langsung dilanjutkan ke babak playoff.

Ketika musim 2019-2020 dihentikan bulan Maret, tim-tim NBA sudah bermain antara 63 hingga 67 pertandingan. Setelah penundaan yang begitu lama, ternyata tidak ada kesempatan untuk memainkan sisa pertandingan musim reguler. Tetapi mencari format yang adil untuk semua tim jadi pekerjaan rumah yang rumit bagi NBA. (tor)

Foto: NBA

Komentar