IBL

Michael Jordan dalam sebuah video tutorial defense miliknya menyebutkan bahwa defense adalah salah satu bagian tersulit tapi diremehkan oleh banyak pemain. Menurutnya, tak banyak pemain yang fokus dalam melakukan defense lantaran terlalu rumit, butuh konsentrasi, dan butuh level disiplin yang sangat tinggi.

Dewasa ini, defense yang baik pun semakin memudar di NBA. Seiring perkembangan pola permainan yang lebih berpusat di area tiga angka dan area kunci saja, gim terlihat lebih berjalan ke adu serangan. Hanya beberapa tim saja yang memiliki perhatian lebih kepada pertahanan mereka dan umumnya mereka juga yang jadi penguasa di musim reguler.

Ada banyak aspek penilaian untuk melihat seorang pemain memiliki kemampuan bertahan yang bagus atau tidak. Secara statistik lanjutan, perhitungannya jelas lebih dalam lagi dan terperinci. Sementara untuk statistik konvensional, dua aspek yang dijadikan patokan adalah catatan blok dan juga steal.  

Melakukan blok dan steal bukanlah perkara mudah. Kedua gerakan ini sangat dekat jarakanya dengan pelanggaran. Entah memang karena pelanggaran atau faktor kebiasaan dari wasit saat melihat kejadian steal atau blok, melakukan dua hal ini jelas butuh ketelititan dan disiplin yang sangat tinggi.

Sepanjang sejarah NBA, hanya ada 10 pemain yang mampu menorehkan catatan steal lebih banyak dari foul mereka (minimal bermain 10 gim dengan 10 menit per gim ). Menariknya lagi, hanya ada dua nama yang statusnya masih aktif hingga sekarang. Keduanya adalah Kawhi Leonard dan Jimmy Butler.

Dalam 518 gim yang sudah ia mainkan sepanjang kariernya, Kawhi membukukan 921 steal dan hanya mencatatkan 819 foul. Pun begitu dengan Jimmy yang mencuri bola 914 kali dan hanya terkena foul sebanyak 883 kali dalam 577 gim. Tidak ada yang mampu menorehkan catatan serupa kedua pemain ini di deretan pemain aktif NBA.

Kehebatan keduanya adalah kombinasi antara kemampuan fisik, fundamental, dan basketball IQ yang menawan. Keduanya mampu memiliki fisik yang sangat prima dan postur yang tepat untuk menjadi seorang pemain sayap (wingman). Fundamental bertahan mereka sangat kukuh sedangkan basketball IQ membawa keduanya membaca serangan lawan dengan tepat.

Dalam beberapa cuplikan video bertahan keduanya bisa terlihat dengan jelas bagaimana mereka mencuri bola dari lawan bak lawan memberikan bola kepada mereka. Adegan Kawhi mencuri bola dari Ben McLemore kala Ben masih membela Sacramento Kings menjadi salah satu peragaan terbaik kehebatannya. Kawhi juga bisa dibilang sangat terbantu dengan bentang tangannya (wingspan) yang mencapai 221 sentimeter.

Sedangkan Jimmy yang memiliki bentang tangan 202 sentimeter lebih banyak mengandalkan kecepatannya untuk mencuri bola. Ditambah kekuatan fisiknya yang mampu menjaganya terus menempel membuat lawannya seolah terus mendapatkan tekanan dan akhirnya melakukan kesalahan sendiri.

Namun, sekali lagi, meski postur dan fisik keduanya adalah hal penting dalam torehan statistik ini, keduanya tidak akan berguna tanpa basketball IQ yang mumpuni dan disiplin tinggi. Jika semua hal tersebut digabungkan dalam satu paket kombinasi ketangkasan yang sama, maka jadilah Kawhi dan Jimmy, dua pencuri paling rapi di NBA sekarang.(DRMK)

Foto: USA Basketball

 

 

Komentar