IBL

Kawhi Leonard belum pernah mencetak tripel-dobel selama kariernya di NBA. Namun, rekor itu pecah saat Los Angeles Clippers menghadapi Miami Heat. Leonard mencetak tripel-dobel pertamanya dengan 33 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Clippers pun menang 122-117 di AmericanAirlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Jumat, 24 Januari 2020 waktu setempat.

Landry Shamet, garda, membantu Leonard dengan tambahan 22 poin dan 6 asis. Empat pemain cadangan juga produktif menghasilkan poin berdigit ganda. Lou Williams 16 poin dan 7 asis. Montrezl Harrell 15 poin dan 11 rebound. JaMychal Green 14 poin dan 10 rebound. Patrick Patterson 12 poin.

Sementara itu, Heat mendapat sokongan dari Jimmy Butler. Pemain andalan itu mencetak 20 poin, 8 rebound, dan 7 asis. Tyler Herro dan Kelly Olynyk di belakangnya dengan masing-masing 19 poin. Bam Adebayo 18 poin, 8 rebound, dan 9 asis.   

Duncan Robinson menambahkan 16 poin untuk Heat. Dion Waiters 14 poin dari bangku cadangan. Namun, mereka ujung-ujungnya kalah di depan pendukung sendiri. Leonard dan tajinya benar-benar menyulitkan Heat.

Perbedaan persentase tembakan (FG%) Clippers dan Heat sebenarnya tidak berbeda jauh. Clippers memasukkan 45,7 persen tembakannya sementara Heat 43 persen. Perbedaan besarnya terletak pada tripoin. Clippers memasukkan 45,7 persen tripoin sementara Heat hanya 29,5. Pada akhirnya, karena terus-menerus gagal mencetak tripoin, Heat tumbang.

Awalnya, tim asal Miami tersebut unggul 30-22. Namun, tidak kuasa menahan gempuran serangan Clippers pada kuarter berikutnya. Leonard dkk. meninggalkan Heat dengan perolehan poin 41-35 sehingga mempersempit jarak 63-65.

Clippers tetap menjaga permainannya. Mereka bahkan mampu mencetak delapan poin lebih banyak (38-20). Perolehan itu membuat Clippers berbalik unggul. Mereka memimpin 101-85.

Heat berusaha memukul balik. Apalagi mereka tampil di rumah sendiri. Heat mencetak 32 poin lagi. Clippers membalasnya dengan 21 poin saja. Mereka kalah perolehan poin pada kuarter empat, tetapi itu cukup untuk mempertahankan asa. Clippers masih unggul hingga peluit akhir berbunyi. Mereka menang dengan skor 122-117.

Saat ini, Clippers mengantungi rekor 32 menang dan 14 kalah. Mereka akan menambah rekornya saat menghadapi Orlando Magic lusa. Sedangkan Heat baru tampil lagi dalam tiga hari. Lawannya juga Magic. (GNP)

Foto: NBA

Komentar