IBL

Toronto Raptors telah melewati musim terbaik dalam sejarah. Mereka berhasil keluar sebagai juara NBA untuk pertama kalinya pada 2018-2019. Kedatangan Kawhi Leonard dan Danny Green menjadi salah satu penyebabnya.

Sayangnya, Leonard dan Green tidak akan kembali ke Toronto untuk membela Raptors musim depan. Mereka memutuskan untuk bergabung ke tim lain. Leonard merapat ke Los Angeles Clippers, sementara Green ke Los Angeles Lakers.

Dengan kepindahan dua pemain utamanya, Presiden of Basketball Operations Masai Ujiri pun angkat bicara. Ia mewakili tim mengucapkan terima kasih kepada Leonard dan Green. Meski hanya semusim, Uji mengakui bahwa keduanya telah membawa kenangan yang tidak akan pernah terlupa untuk warga Toronto dan Kanada.

“Mewakili Raptors, saya mengucapakan banyak terima kasih kepada Kawhi dan Danny, dan kami berharap mereka dan keluarganya baik-baik saja,” kata Ujiri dalam pernyataan resminya. “Sebagai sebuah organisasi, Raptors akan fokus ke masa mendatang dan akan mengejar gelar juara kedua kami.”

Selain Ujiri, Kepala Pelatih Nick Nurse juga akhirnya memberikan komentar. Ia sempat memuji Leonard sebagai pemain terbaik di dunia. Talentanya luar biasa sehingga sulit ditaklukkan. Nurse sebenarnya masih ingin bermain bersama Leonard. Namun, ia tidak bisa mencegahnya pergi.

“Kita tidak bisa menyalahkan orang hanya karena ia ingin pulang,” kata Nurse seperti dikutip Nick Friedell, ESPN, dalam cuitannya di Twitter. “Ia menyampaikan, ‘Saya akan pulang.’ Dan saya hanya membalas, ‘Kamu telah mengubah kehidupan banyak orang dengan apa yang kamu capai di Toronto, terutama saya.’ Dan berterima kasih atas apa yang ia lakukan.”

Sementara itu, Kyle Lowry, garda utama Raptors, sudah lama membiarkan teman-temannya memutuskan masa depan mereka sendiri. Lowry, misalnya, akan senang seandainya Leonard bertahan di Toronto. Namun, ia tidak mau ambil pusing.

“Saya akan senang jika ia menetap, tetapi ia teman saya,” kata Lowry, per The Crossover.  Dan saya selalu mengatakan, dalam bisnis seperti ini kadang kita tidak punya banyak pilihan untuk bahagia. Kita harus membuat diri kita bahagia. Dan itulah mengapa saya tidak pernah merekrut.”    

Pada akhirnya, Leonard dan Green memang memutuskan untuk pergi. Mereka tidak akan membela Raptors musim depan. Keduanya telah berkomitmen untuk membantu duo Los Angeles. Apalagi Clippers dan Lakers hendak mengejar gelar juara pada 2019-2020. Sementara itu, Raptors akan menjadi lawan mereka. Sebab, seperti dikatakan Ujiri dalam pernyataan resminya, tim asal Toronto itu juga manargetkan untuk menjadi juara lagi. (put)

Foto: NBA

Komentar