IBL

Danny Green sempat mengutarakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers. Sebab, di sana ada pemain sekelas LeBron James dan Anthony Davis. Ketertarikan Green pun menjadi nyata pada Jumat, 5 Juli 2019 waktu setempat.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Green sepakat untuk bergabung dengan Lakers. Ia akan menandatangani kontrak dua tahun sebesar AS$30 juta. Green segera menyusul Troy Daniels dan Jared Dudley yang juga baru bergabung dengan Lakers pada musim panas ini.

Green sebelumnya bermain untuk Toronto Raptors. Ia ikut mengantarkan wakil Kanada itu menjadi juara NBA. Ia tampil dalam 80 pertandingan di musim reguler dengan rata-rata 10,3 poin, 4 rebound, dan 1,6 asis. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 46,5 persen, dengan efektivitas 62,2 persen dan true shooting percentage 63,2 persen.

Di playoff, Green tampil sebanyak 24 kali. Ia mencetak 6,9 poin, 3,6 rebound, 1,1 asis, dan 1,3 steal. Raptors pun berhasil tampil di Final NBA untuk pertama kalinya. Mereka bahkan juara setelah mengalahkan Golden State Warriors 4-2. Itu merupakan sebuah perjalanan yang menarik bagi seorang Green.

Selama berkarier di NBA, garda tembak berusia 32 tahun itu sudah juara dua kali. Satu bersama San Antonio Spurs (2014), satu bersama Raptors (2019). Ia hendak mengejar hal yang sama ketika bergabung dengan Lakers. Apalagi mereka punya James dan Davis yang merupakan bintang NBA. James memiliki pengalaman fantastis dengan menjadi juara tiga kali. Ia akan memimpin pasukan meniti tangga juara.

Sementara itu, di saat yang sama, Kawhi Leonard juga telah memutuskan destinasinya. Ia memutuskan untuk berpisah dengan Green. Leonard merapat ke Los Angeles Clippers. Keduanya akan berada di kota yang sama, tetapi berbeda tim.

Selain Leonard, Clippers juga mendapatkan Paul George. Mereka melakukan pertukaran dengan Oklahoma City Thunder untuk mengakuisisi sang bintang. Clippers mengirim Shai Gilgeous-Alexander dan Danilo Gallinari, juga beberapa hak pilih di masa depan.

Lakers tadinya juga mengincar Leonard. Mereka bahkan sempat dikabarkan hendak menunda pertukaran Davis. Namun, Leonard menggemparkan publik dengan keputusannya merapat ke Clippers. Lakers pun gagal menemui sasaran.

Kini Lakers akan mencari pemain lain. Mereka telah mendapatkan Green. Namun, itu saja belum cukup. Mereka membutuhkan pemain lain untuk melengkapi skuatnya. Perjalanan Lakers di masa bebas belum akan selesai. (put)

Foto: NBA

Komentar