IBL

Ucapan Rob Pelinka beberapa waktu lalu tentang upayanya melobi otoritas kesehatan Los Angeles untuk membuka kembali fasilitas latihan Lakers berhasil. Pada Sabtu, 16 Mei 2020, waktu setempat, fasilitas latihan Lakers sudah boleh dibuka kembali dan menggelar latihan sesuai dengan aturan-aturan kesehatan yang telah ditetapkan oleh NBA.

Meski sudah boleh dibuka kembali, fasilitas latihan Lakers tidak akan tersedia selama tujuh hari penuh. Laporan kontributor The Athletic, Shams Charania, menyebutkan bahwa Lakers masih mendapatkan waktu yang sangat terbatas untuk menggunakan fasilitas latihan mereka. Dan pembatasan ini datangnya bukan dari NBA melakinkan dari otoritas kesehatan setempat.

Satu hari setelah kabar dari Lakers, pesaing mereka di Wilayah Barat, Houston Rockets, juga datang dengan kabar serupa. Kali ini giliran ESPN melalui Adrian Wojnarowski, yang melaporkan bahwa manajer umum Rockets, Darryl Morey, mengatakan akan membuka fasilitas latihan mereka kembali pada Senin, 18 Mei 2020, waktu setempat.

Tidak ada kabar mengenai larangan dari otoritas kesehatan area Houston atau Texas mengenai pembukaan kembali fasilitas latihan ini. Artinya, Rockets hanya perlu menaati anjuran-anjuran kesehatan di tengah pandemi ini dan menjalankan protokol latihan dari NBA.

Sedikit mengingatkan, protokol NBA sendiri memiliki empat poin utama. Pertama, maksimal hanya boleh ada empat pemain yang menjalani latihan di satu waktu yang sama dan tetap menjaga jarak satu sama lain. Kepala Pelatih dan asisten tidak boleh berpartisipasi (hanya pelatih pengembangan ketangkasan pemain). Latih tanding atau latihan secara tim keseluruhan masih sangat dibatasi dan perlu konsultas lebih lanjut. Terakhir, pemain juga masih dibatasi untuk menggunakan semua area di fasilitas latihan tim (gym, kolam renang, dsb.).

Sudah seminggu sejak NBA menentukan tanggal awal (8 Mei 2020) pembukaan kembali faislitas latihan, baru ada 11 tim yang benar-benar membuka fasilitas latihan mereka (tidak termasuk Lakers dan Rockets). Orlando Magic jadi tim terakhir yang melakukan ini per Kamis, 14 Mei 2020, waktu setempat. Cleveland Cavaliers, Denver Nuggets, dan Portland Trail Blazers adalah tiga tim pertama yang membuka kembali fasilitas latihan mereka. Berturut setelahnya adalah Sacramento Kings, Toronto Raptors, Atlanta Hawks, Milwaukee Bucks, Indiana Pacers, Utah Jazz, dan Miami Heat.

Foto: NBA

 

Komentar