IBL

Tidak dipungkiri bahwa tim nasional basket Amerika Serikat paling dominan, khususnya di ajang Olimpiade. Mereka mendapatkan 15 medali emas dari 19 kali penyelenggaraan pesta olahraga antarbangsa tersebut. Tapi sejarah mencatat ada lima timnas terbaik yang pernah dibentuk oleh Amerika Serikat.

Olimpiade dilaksanakan sejak tahun 1896. Pada Olimpiade ketiga tahun 1904 di Amerika Serikat, basket menjadi olahraga eksibisi. Dipertandingkan, tetapi tidak masuk penghitungan medali. Baru pada Olimpiade ke-11 tahun 1963 di Spanyol, basket dilombakan secara resmi. Hingga tahun 2016 lalu, maka basket sudah dilombakan sebanyak 19 kali.

Dari jumlah penyelenggaraan tersebut, Amerika Serikat mendapatkan total 18 medali. Rinciannya 15 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Satu-satunya Olimpiade yang tidak diikuti Amerika Serikat adalah pada tahun 1980 di Moscow, Rusia. Mereka sengaja tidak ikut karena alasan politis.

Kembali membahas mengenai tim-tim terbaik yang pernah dibentuk Amerika Serikat. Ada lima tim terbaik berdasarkan prestasi serta komposisi pemainnya. Dimulai dari peringkat terbawah hingga peringat pertama.

5. Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2016
Tim paling baru di penyelenggaraan Olimpiade. Sebab, untuk tahun 2020 mereka belum membentuk tim. Bahkan Olimpiade ditunda karena wabah virus korona. Jadi tim Amerika Serikat 2016 adalah tim yang tampil di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil.

Tim ini dipimpin oleh Kevin Durant. Saat itu, ia baru saja menolak kontrak baru dengan Oklahoma City Thunder, dan memutuskan pindak ke Golden State Warriors. Durant mungkin dibenci oleh penggemar Thunder, tapi justru malah berhasil memimpin timnas Amerika Serikat memenangkan medali emas Olimpade ketiga berturut-turut.

Bersama Durant saat itu adalah Carmelo Anthony, Kyrie Irving, Paul George, DeMarcus Cousins, dan Jimmy Butler. Durant juga dibantu dua rekan barunya di Golden State Warriors, Klay Thompson dan Draymond Green.

Amerika Serikat mendapatkan medali emas setelah menundukkan Serbia dengan skor 92-66 di babak final. Ini merupakan jarak skor terlebar di final, setelah Olimpiade 1992.

4. Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2012
Tim Amerika Serikat terbaik keempat karena berhasil mendapatkan medali emas Olimpiade 2012 di London, Inggris. Di dalam tim ini ada Kobe Bryant, LeBron James, dan Kevin Durant. Tiga superstar yang pernah tampil ada di era milenium.

Bagi Kobe Bryant, ini merupakan medali Olimpiade kedua, sekaligus penampilan terakhirnya bersama timnas Amerika Serikat. Selain Kobe, LeBron, dan Durant, tim ini juga diisi oleh Carmelo Anthony, Chris Paul, Kevin Love, dan Anthony Davis muda yang masih berusia 19 tahun. Olimpade 2012 menjadi kesempatan terakhir bagi trio Oklahoma City Thunder, Kevin Durant, Russell Westbrook, dan James Harden bermain bersama.

Di babak final, tim Amerika Serikat menang 107-100 atas Spanyol.

 

3. Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 1996
Olimpade 1996 berlangsung di Atlanta, Amerika Serikat. Timnas Amerika Serikat itu juga sering disebut dengan "Dream Team III". Nama tersebut disematkan karena komposisi pemain saat itu masih diperkuat mantan pemain "Dream Team 1992"

Lantas, dimana "Dream Team II"? Sekadar informasi bahwa "Dream Team II" menjadi julukan bagi timnas Amerika Serikat di FIBA World Championship (sekarang: FIBA World Cup) tahun 1994 di Toronto, Kanada.

Daftar pemain "Dream Team III" terdapat nama Scottie Pippen, David Robinson, Karl Malone, John Stockton, dan Charles Barkley. Michael Jordan tidak masuk tim ini. Namun sebagai gantinya terdapat nama-nama hebat seperti Hakeem Olajuwon, Shaquille O'Neal, Reggie Miller, dan Gary Payton. Rasanya sudah cukup menggantikan ketidakhadiran Michael Jordan.

Sebagai tuan rumah, timnas Amerika Serikat di Olimpade 1996 mencetak kemenangan-kemenangan fantastis. Contohnya di fase penyisihan mereka menang 104-82 atas Lithuania, lalu membenamkan Cina dengan skor akhir 133-70.

Di partai final, Amerika Serikat mengalahkan Yugoslavia dengan skor 95-69.

2. Timnas Amerika Serikat di Olimpade 2008
"Redeem Team" merupakan nama yang disematkan untuk timnas Amerika Serikat tahun 2008. Mereka tampil di Olimpiade Beijing, Cina. Disebut begitu, lantaran tim ini diharapkan mampu menebus kesalahan timnas Amerika Serikat di penyelenggaraan sebelumnya. Sebab pada Olimpiade Athena, Yunani tahun 2004, Amerika Serikat harus puas mendapatkan medali perunggu.

Kobe Bryant tampil sebagai bintang utama di tahun 2008. Selain itu ada nama LeBron James, Dwyane Wade, dan Charmelo Anthony mengisi daftar susunan pemain. Untuk pertama kalinya, federasi basket Amerika Serikat memasukkan pemain non-superstar, yaitu Michael Redd dan Tyshaum Prince.

Kali ini mereka sukses membawa pulang medali emas, setelah menang 118-107 atas Spanyol di partai puncak.

1. Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 1992
Timnas Amerika Serikat terbaik dari yang terbaik adalah "Dream Team". Sebutan untuk tim yang tampil di Olimpade di Barcelona, Spanyol.

Tim ini berisi 11 pemain yang belakangan masuk Hall of Fame NBA Mereka adalah Michael Jordan, Magic Johnson, Larry Bird, Charles Barkley, Karl Malone, John Stockton, David Robinson, Patrick Ewing, Scottie Pippen, Clyde Drexler, dan Chris Mullin. Sementara itu, orang kedua belas dalam regu adalah Christian Laetner, yang pada saat itu masih tampil di NCAA bersama Duke University.

"Dream Team" memenangkan semua pertandingan di Olimpiade 1992, termasuk mengalahkan Kroasia di final dengan skor 117-85. Tim ini tercatat sebagai tim terbaik sepanjang masa, bahkan masuk Hall of Fame FIBA pada tahun 2010.

"Dream Team" tidak hanya berfungsi sebagai barometer timnas Amerika Serikat saja, melainkan timnas untuk semua negara, selamanya. (tor)

Foto: usab

Komentar