IBL

Roster Timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade Tokyo 2021 akhirnya dirilis. Ada 12 bintang NBA yang tengah bersinar masuk dalam roster tersebut. Kali ini Amerika Serikat tidak akan main-main. Mereka mengincar medali emas ke-16 di cabang olahraga bola basket.

Menurut laporan dari Shams Charania dari The Athletic, roster Timnas USA lengkap setelah bintang Detroit Pistons, Jerami Grant masuk. Grant menggantikan James Harden yang menarik diri karena cedera hamstring.

Baca juga: James Harden Menarik Diri dari Timnas USA

12 pemain yang bakal berangkat ke Jepang yaitu Kevin Durant (Brooklyn Nets), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), Bradley Beal (Washington Wizards), Jayson Tatum (Boston Celtics), Devin Booker (Phoenix Suns), Zach LaVine (Chicago Bulls), Kevin Love (Cleveland Cavaliers), Bam Adebayo (Miami Heat), Draymond Green (Golden State Warriors), Jerami Grant (Detroit Pistons), Jrue Holiday dan Khris Middleton (Milwaukee Bucks).

Masuknya Durant jadi daya tarik tersendiri. Dia sudah mendapatkan dua medali emas di Olimpiade 2012 dan 2016. Kemudian, pemain berusia 33 tahun itu tengah dalam performa terbaiknya. Durant jadi sorotan karena berhasil mengangkat prestasi Brooklyn Nets musim ini. Kalau berhasil mendapatkan medali emas di tahun 2021, maka Durant menyamai pencapaian Carmelo Anthony. Pemain NBA atau Amerika Serikat yang mengantongi tiga medali emas Olimpiade.

Beberapa nama juga sudah pernah bermain bersama Durant. Contohnya Draymond Green. Dia dan Durant pernah bermain untuk Golden State Warriors. Namun mereka berdua juga bagian dari Timnas USA di Olimpiade 2016. Kevin Love juga sempat bermain bersama Duant di Olimpiade 2012. Jadi ketiga pemain bisa disebut veteran Timnas USA di Olimpiade. Sisanya, bintang-bintang NBA yang bersinar, namun baru pertama kali tampil di Olimpiade.

Timnas USA di Olimpade Tokyo 2021 akan dipimpin oleh Gregg Popovich, yang mengambil alih tugas dari Mike Krzyzewski. Debut Popovich memimpin Timnas USA tidak berjalan sesuai rencana. Amerika Serikat kalah di perempat final FIBA Basketball World Cup 2019 di Tiongkok. Itu merupakan penampilan terburuk Amerika Serikat dalam sejarah turnamen internasional.

Amerika Serikat sudah ikut Olimpiade untuk cabang olahraga bola basket kategori putra sebanyak 18 kali. Dari jumlah tersebut, Timnas USA mendapatkan 15 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Jadi di Tokyo nanti, Amerika Serikat akan mengincar medali ke-16 dalam sejarah basket Olimpiade. (tor)

Foto: Hoopshabit.com

Komentar