IBL

Sejauh ini United States of America Basketball (USAB) belum melakukan persiapan menyambut Olimpiade Tokyo 2021. Mereka akan mengumumkan roster pada akhir bulan ini. Namun berita-berita tentang kesediaan pemain yang belakangan muncul di media, menggambarkan betapa istimewa roster timnas Amerika Serikat di Olimpiade nanti.

Olimpiade Tokyo tertunda setahun karena pandemi Covid-19. Rencananya, pesta olahraga antarbangsa tersebut digelar 23 Juli nanti. Beberapa negara sudah mulai persiapan, khususnya di cabang olahraga basket. Khusus bagi Amerika Serikat, mereka belum melakukan persiapan. Tapi sudah beredar kabar mengenai bintang-bintang NBA yang bersedia membela timnas negaranya.

Sehari setelah tergusur dari persaingan Playoff NBA 2021, bintang Brooklyn Nets Kevin Durant menyatakan siap tampil di Olimpiade Tokyo. Bagi Durant, kalau dia tampil di Tokyo, maka menjadi kali ketiga membela timnas Amerika Serikat di Olimpiade. Sebelumnya dia membungkus medali emas di 2012 dan 2016.

Kabar yang disampaikan oleh Shams Charania dari The Atlhetic tersebut sangat menggembirakan. Sebab Durant jadi pemain paling panas musim ini, khususnya di playoff. Dia mencetak rata-rata 34,3 poin, 9,3 rebound, dan 4,4 asis hingga gugur di Semifinal Wilayah Timur.

Sebelum Durant, ada beberapa pemain yang menyatakan kesediaan bermain untuk timnas Amerika Serikat, di bawah asuhan Gregg Popovich. Mereka adalah Devin Booker (Phoenix Suns), Bradley Beal (Washington Wizards), Jayson Tatum (Boston Celtics), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), dan Draymond Green (Golden State Warriors).

Bergabungnya Booker memang tidak mengherankan. Sebab, tahun lalu direktur pelaksana tim basket putra USA, Jerry Colangelo, sudah berbicara dengan bintang Suns itu. Hanya masalahnya, sekarang Booker masih berjuang untuk Suns di Final Wilayah Barat. Mereka jadi salah satu favorit peraih gelar juara NBA musim ini.

"Dia (Devin Booker) dan saya sudah pernah berbicara tentang minat dan keinginannya tampil di Tokyo," ungkap Colangelo kepada Arizona Sports.

Sementara itu, Damian Lillard juga berminat tampil di Tokyo. Alasannya, Lillard ingin bermain di bawah asuhan Gregg Popovich.

"Pop menjadi pelatih tim nasional memainkan peran besar dalam keputusan saya untuk bersedia tampil di Tokyo," kata Lillard, dikutip dari nba.com. "Saya sangat menghormati Pop sebagai pelatih dan sebagai pribadi. Saya menantikan untuk bermain untuknya, mengambil ilmu bola basketnya dan melihat apa yang bisa dilakukan tim kami."

USAB akan mengumumkan roster timnas Amerika Serikat pada akhir Juni 2021. Kemudian, pemusatan latihan akan digelar di Las Vegas mulai 6 Juli 2021. Untuk pemain yang masih bersaing di Final NBA, mereka akan menyusul setelah musim NBA berakhir pada 22 Juli nanti, atau hanya berselang tiga hari sebelum cabang olahraga basket dimulai. (tor)

Foto: Americansamoa News

Komentar