IBL

NBA mengalami hiatus akibat Covid-19. Namun, mereka berencana untuk tetap melanjutkan kompetisi. Ada beberapa opsi skema kelanjutan NBA 2019-2020. Salah satunya menyetop musim reguler dan langsung ke playoff.

Kendati demikian, ide tersebut menuai pro dan kontra. Beberapa tidak setuju untuk langsung ke playoff. Jayson Tatum, forwarda Boston Celtics, misalnya, menolak ide seperti itu. Ia merasa bahwa melompat ke playoff tanpa menyelesaikan musim reguler bukan pilihan tepat. Apalagi dengan pertimbangan masih ketatnya perebutan tiket ke playoff.

Beberapa klub memang masih punya kesempatan untuk mengamankan tempat di babak pascamusim reguler. Celtics juga masih mungkin naik peringkat di Wilayah Timur. Seandainya mereka sukses memenangi sisa pertandingan, peta persaingan boleh jadi berubah.

Selain Tatum, LeBron James sebelumnya juga menolak ide yang sama. Sang Raja tidak setuju jika NBA melompat ke playoff. Mengingat Los Angeles Lakers, tim yang dibelanya, saja masih punya sisa 19 pertandingan. Dalam 19 pertandingan, mereka bisa mengukuhkan tempat di peringkat teratas Wilayah Barat dengan rekor yang lebih baik.

Lagipula, pemain-pemain NBA tidak bisa langsung bertanding begitu saja. Mereka perlu adaptasi lagi setelah sekian lama tidak bermain, bahkan berlatih. Sementara playoff selalu punya atmosfer yang berbeda. Dibutuhkan lebih dari sekadar persiapan untuk menyelam ke dalamnya.

Oleh karena itu, bagi Tatum maupun James, opsi terbaiknya adalah melanjutkan musim reguler terlebih dahulu. Baru setelah itu ke playoff. Hanya saja, Covid-19 belum tampak mereda. Malah semakin parah belakangan ini.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang dipukul keras pandemi tersebut. Virus corona (SARS-CoV-2) telah menyebar ke mana-mana. Utamanya kota-kota besar. New York menjadi episentrumnya. Sebab, di sana banyak terjadi kasus Covid-19.

NBA sendiri belum tahu kapan harus membuka kembali kompetisi. Mereka masih mempertimbangkan segala hal sambil melihat perkembangan situasi. Saat ini, semua pihak hanya bisa menunggu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar