IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock pada sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menulis, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Setelah mengulas Starting 5: Lagu-Lagu Favorit Andre Rorimpandey dari NSH Jakarta, Mainbasket hadir kembali dengan tulisan yang sama. Kali ini mengulas lagu-lagu favorit kekasih Andre, Priscilla Karen. Karen merupakan salah satu penggawa Scorpio Jakarta yang berlaga di Piala Srikandi.

For All You’ve Done-Hillsong Worship

 

Andre dan Karen sama-sama senang dengan lagu milik Hillsong Worship, sebuah kelompok musik gereja asal Australia. Andre menyukai lagu berjudul Jesus I Need You, sementara Karen menyukai lagu berjudul For All You’ve Done.

For All You’ve Done sendiri merupakan karya lama. Hillsong Worship merilisnya pada Juli 2004 silam. Lagu itu sekaligus menjadi judul album ke-13 mereka. Sempat mencapai puncak tangga musik ARIA Albums di Australia.  

Can You Feel The Love Tonight-Beyonce ft. Donald Glover

 

Disney membuat ulang film Lion King ke dalam versi animasi. Dalam salah satu soundtrack-nya, mereka punya lagu Can You Feel The Love Tonight. Lagu itu dinyanyikan oleh Beyonce Knowles-Carter, Donald Glover, Billy Eichner, dan Seth Rogen.

Can You Feel The Love Tonight ditulis oleh musisi kenamaan Inggris Elton John. Walt Disney Record merilis lagu itu pada Juli 2019, bersamaan dengan film Lion King, dalam balutan nostalgia yang atraktif. Meski selalu disandingkan dengan versi aslinya, Lion King menuai komentar positif dari sejumlah kritikus film.   

Kumau Dia-Andmesh Kamaleng

Andmesh Kamaleng menjadi penyanyi hit kala mengikuti ajang musik Rising Star Indonesia. Kini, ia memiliki beberapa lagu. Salah satunya Kumau Dia.

Kumau Dia merupakan lagu favorit Karen. Rilis pada 2019 bersama Hanya Rindu dan Nyaman dalam album Cinta Luar Biasa. Lagu Cinta Luar Biasa sendiri sudah rilis pada tahun sebelumnya.

Good Life-OneRepublic

OneRepublic, sebuah band pop rock asal Amerika Serikat, merilis Good Life pada November 2010 silam. Sejak itu, lagu itu dipakai di mana-mana, dalam film, televisi, dan iklan. Sampai sempat mencapai peringkat delapan dalam daftar tangga lagu Billboard Hot 100.

Secara umum, respon atas Good Life positif. Lagu itu unik karena OneRepublic mampu merekam berbagai versi radio untuk berbagai kota dan negara bagian. Rolling Stone bahkan menaruhnya ke dalam 15 Best Whistling Songs of All Time.

Undecided-Chris Brown

Chris Brown merupakan salah satu musisi ternama asal Amerika Serikat. Ia merilis sebuah lagu berjudul Undecided pada Januari 2019. Lagu itu menjadi lead single Brown dalam album kesembilannya, Indigo.

Pada masa debutnya, Undecided mampu mencapai peringkat 35 dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Sertifikasinya juga cukup bagus di beberapa negara. Undecided terjual kurang lebih satu juta kopi di Amerika Serikat.

Foto: Mei Linda

Komentar