IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket menanyai Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, dara muda Merpati Bali, tentang lima lagu favoritnya. Penggawa Merpati sekaligus tim nasional basket 3x3 putri Indonesia ini memiliki tiga lagu favorit asal Indonesia di antara lagu-lagu berbahasa asing. Simak daftar lagu favorit Ayu, sebagai berikut:

Despacito – Luis Fonsi Ft. Justin Bieber

Sama seperti Andakara Prastawa di edisi sebelumnya, Despacito juga jadi lagu favorit Ayu. Disebutkan sebelumnya bahwa kesuksesan lagu ini tidak terlepas dari versi cover di beberapa negara. Lucunya, lagu ini sempat viral di media sosial karena dibuatkan versi Bahasa Jawa. Judul lagu Despacito diubah jadi Dek Lastri. Kira-kira seperti apa, ya?

I’m The One – DJ Khaled Ft. Justin Bieber

I’m The One adalah lagu yang ditulis dan ditampilkan DJ Khaled. Tidak hanya itu, ia juga berkolaborasi dengan nama-nama terkenal seperti Justin Bieber dan Lil Wayne. Lagu ini rilis pada April 2017 sebagai single keduanya dalam album Grateful.  

Cukup Tau – Rizky Febian

Sebagai solois nama Rizky Febian semakin naik daun setelah merilis lagunya yang berjudul Cukup Tau pada 2017. Lagu ini tercipta melalui curahatan hati si penyanyi sendiri.

Mungkin – The Overtunes

Mungkin adalah lagu milik trio The Overtunes. Dalam film berjudul Ngenest (2015), lagu ini menjadi rapalan kisah sang kreator film itu sendiri, Ernest Prakasa. Ia sendiri yang meminta lagu ini menjadi soundtrack filmnya kepada The Overtunes.

Asal Kau Bahagia – Armada

Asal Kau Bahagia adalah lagu milik band Indonesia, Armada. Sampai artikel ini dibuat, lagu ini ditonton lebih dari 251 juta viewers di YouTube. Mulanya, Armada menargetkan video musik mereka ini ditonton 2 juta viewers, tapi hasilnya di luar dugaan. Target itu tercapai hanya dalam tiga hari sejak mereka diunggah, dan sampai sekarang jumlahnya terus bertambah. 

Foto: Mei Linda

Komentar