ABL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket menanyai Dewi Putri Sungging Sari, pemain muda Sahabat Semarang sekaligus Universitas Pelita Harapan (UPH), tentang lima lagu favoritnya. Penggawa Sahabat ini sempat bingung memilih karena banyak lagu yang ia sukai. Namun begitu, ia tetap mampu memilih lima lagu teratas dalam daftar putarnya. Simak daftar lagu favorit Sungging, sebagai berikut:

Trap Queen-Fetty Wap

Sekitar setahun setelah rilis, lagu Trap Queen sensasi dengan masuk ke peringkat dua dalam jajaran Billboard Hot 100. Inspirasi lagu ini datang dari seseorang yang menawan hati Fetty Wap, tetapi lagu itu sendiri bukan tentang cinta. Wap mengatakan, ini tentang seorang perempuan yang belajar melakukan hal menyenangkan dengan melanggar aturan bersamanya. 

Post To Be-Chris Brown, Omarion, Jhene Aiko ft. Fetty Wap

Post To Be adalah lagu milik Omarion Grandberry dalam albumnya Sex Playlist (2014). Bersama Chris Brown dan Jhene Aiko, lagu ini kemudian menjadi nomor satu dalam deretan lagu ritmik versi Billboard di Amerika Serikat pada 2014-2015. Selain itu, lagu ini juga berhasil berada di peringkat ke-5 dalam deretan Hot R&B/Hip-Hop Songs dan ke-13 dalam Billboard Hot 100 di periode yang sama. Sungging menyukai versi lagu ini ketika ketiga penyanyi tadi berkolaborasi dengan Fetty Wap.

The Show Goes On-Lupe Fiasco

Lagu The Show Goes On menerima sertifikasi platinum RIAA tiga kali dan video resminya dinominasikan untuk VMA Award (MTV) sebagai video hip-hop terbaik. Lagu Lupe kemudian naik ke urutan sembilan dalam daftar Billboard Hot 100. Dalam sebuah wawancara bersama Complex, Fiasco berbicara tentang kebenaran di balik lagu hit ini, tentang kekosongan dalam liriknya dan bagaimana masalah dengan label rekamannya. Karena sebelum meluncurkan lagu ini, ia sempat bermasalah dengan label rekamannya sehingga albumnya telat rilis. Jadi, lagu ini sebenarnya merupakan keresahannya tentang itu.

Let It Go-Wiz Khalifa ft. Akon

Wiz Khalifa merilis lagu Let It Go bersama Akon dalam album studio keduanya O.N.I.F.C. Menurut kabar, lagu ini direkam dan rilis pada 2012, kemudian mencapai urutan 87 dalam daftar Billboard Hot 100 di Amerika Serikat di tahun yang sama.

Find You-Zedd ft. Matthew Koma, Miriam Bryant

Find You adalah lagu tentang romansa. Dalam lagu itu, Zedd menampilkan dunia yang dibangun hanya untuk dua orang akibat jatuh cinta. Lagu ini kemudian dirilis untuk soundtrack film Divergen. Sebagai lagu pertamanya, Find You menampilkan kejeniusan dan kreativitas Zedd.

Foto: Hari Purwanto

Komentar