IBL

Pandemi Covid-19 belum juga mereda. Ahli penyakit menular menyarankan delapan klub NBA untuk diperiksa seluruh tim. Tujuh pemain saat ini dinyatakan positif terjangkit virus corona (SARS-CoV-2).

Kevin Durant dan tiga pemain Brooklyn Nets menjadi pasien terbaru di kalangan NBA. Sebelumnya, ada Rudy Gobert (Utah Jazz), Donovan Mitchell (Utah Jazz), dan Christian Wood (Detroit Pistons). Juru Bicara NBA Mike Bass mengatakan bahwa sejak pihaknya mendapati satu pemainnya terjangkit virus, mereka harus segera bergerak.

“Begitu ada pemain yang hasilnya positif, karena keunikan kondisi kerja pemain NBA, dokter tim dan ahli penyakit menular menyarankan delapan klub untuk diperiksa,” kata Bass per Sopan Deb dari New York Times.

Pada umumnya, klub-klub memang terkait satu sama lain. Pistons, misalnya, sempat bertemu dengan Jazz sebelum Wood positif Covid-19. Sementara pemain Toronto Raptors, klub terakhir yang bermain melawan Jazz, berakhir negatif meski berhadapan selama empat kuarter di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Senin, 9 Maret 2020 waktu setempat.

Meski begitu, pemain Raptors masih harus swakarantina. Mereka tidak diperbolehkan keluar rumah untuk keperluan yang tidak penting. Chris Boucher, forwarda, saja mendapat kritik karena pergi berbelanja. Sebab, meski negatif Covid-19, ia membutuhkan setidaknya 14 hari untuk meyakinkan semua orang bahwa dirinya benar-benar bebas dari virus.

NBA saat ini tengah menunda musim 2019-2020 untuk meminimalisasi penularan Covid-19. Komisioner Adam Silver mengatakan bahwa pihaknya harus menangguhkan pertandingan sampai sebulan ke depan. Namun, rencana itu bisa berubah setelah adanya rekomendasi dari Center for Disease Control and Prevention (CDC). Gelaran yang berpotensi mengundang 50 orang lebih dalam satu tempat sebisa mungkin ditunda hingga dua bulan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar