IBL

Kabar baik datang dari Toronto Raptors. Para pemainnya dinyatakan negatif virus corona (SARS-Cov-2). Padahal mereka sempat bertemu dengan Utah Jazz, yang dua pemainnya terjangkit COVID-19 yang disebabkan virus corona, di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Senin, 2 Maret 2020 waktu setempat.

Sebelum dinyatakan bebas dari penyakit, para pemain Raptors sempat diminta untuk mengisolasi diri selama 14 hari. Klub menganjurkan itu kepada mereka agar meminimalisasi penyebaran virus. Apalagi WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Raptors akan terus mengawasi pemainnya agar tetap menjaga jarak dengan yang lain.

Selain Raptors, Cleveland Cavaliers, New York Knicks, Boston Celtics, dan Detroits Pistons juga melakukan hal yang sama. Sebab, mereka bertemu dengan Jazz pada 10 hari ke belakang, sebelum dua pemainnya dinyatakan terjangkit COVID-19. NBA sampai menunda kompetisi.

Liga tersohor sedunia itu setidaknya akan berhenti sementara hingga 30 hari lamanya. Mereka perlu mengawasi perkembangan dulu sampai situasi dirasa kondusif. Oleh karena itu, NBA juga mengimbau kepada seluruh elemen agar berpartisipasi dalam upaya mitigasi. Salah satunya dengan kebijakan berdiam diri di rumah tanpa menerima tamu dari luar kota.

Sementara itu, Rudy Gobert dan Donovan Mitchell, dua pemain Jazz yang terjangkit COVID-19, berada di bawah pengawasan. Mereka merasa baik-baik saja meski virus berada di dalam tubuh mereka. Gobert dan Mitchell membutuhkan waktu untuk istirahat dalam upaya penyembuhan.

Untungnya, hingga saat ini, tidak ada pemain NBA yang terjangkit COVID-19 lagi. Mereka benar-benar berusaha meminimalisasi penyebaran virusnya. Salah satunya lewat penundaan tadi. (GNP)

Klarifikasi: Christian Wood positif terjangkit COVID-19 pada Sabtu, 14 Maret 2020 waktu setempat. Menjadikannya pemain ketiga yang terjangkit virus setelah Rudy Gobert dan Donovan Mitchell. 

Foto: NBA

Komentar