IBL

Manajemen Memphis Grizzlies menunjukkan kepercayaan penuh kepada tim muda yang mengisi tim mereka. Pertukaran Andre Iguodala, Solomon Hill, dan Jae Crowder ke Miami Heat sudah menunjukkan sikap tersebut. Terbaru, mereka semakin memperjelas sikap dengan memutus kontrak pemain yang menjadi bagian pertukaran tersebut, Dion Waiters.

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh The Athletic pada Minggu, 9 Februari 2020, waktu setempat. Waiters sendiri masih memiliki sisa kontrak dua musim senilai nyaris AS$25 juta. Dengan pemutusan kontrak ini, maka Grizzlies harus terus membayar gaji Waiters hingga dua musim ke depan.

Seperti yang sudah kami tulis di “Rangkuman Perpindahan di Batas Akhir Waktu Pertukaran Pemain NBA,” Grizzlies mendapatkan Dion Waiters, Justise Winslow, dan Gorgui Deng (Timberwolves) dalam proses pertukaran Iguodala. Namun, tampaknya mereka tak melihat Waiters bisa memberi sumbangsih kepada tim, atau bahkan berpotensi merusak tim ini.

Perusak tim bukanlah opini pribadi, melainkan fakta yang tersaji. Musim ini saja, Waiters sudah tiga kali terkena sanksi dari Heat karena tindakan-tindakan tidak disiplinnya. Ia sempat beradu pendapat dengan Kepala Pelatih Heat, Erik Spoelstra, lalu terbukti mengkonsumsi zat terlarang, hingga terakhir pura-pura sakit untuk absen latihan dan merayakan pesta ulang tahunnya. Atas semua hal tersebut, Waiters dihukum larangan bermain 17 gim dan denda berupa uang dengan total AS$1,4 juta, semuanya oleh Heat.

Secara permainan di lapangan, Waiters sebenarnya masih seorang pencetak angka yang bisa diandalkan. Dalam tiga gim yang ia mainkan musim ini, Waiters mencetak rataan 9,3 poin, 3,7 rebound, dan 1,0 asis per gim dengan catatan akurasi tripoin 47,1 persen. Dengan usia yang masih 28 tahun, Waiters masih punya banyak hal yang bisa diberikan untuk sebuah tim.

Dengan catatan di atas, pilihan keempat NBA Draft 2012 ini masih bisa jadi senjata yang mematikan dari bangku cadangan. Tim-tim yang bermasalah dengan produktivitas bangku cadangan rasanya bisa menggunakan jasanya. Di sisi lain, jika Waiters tak merubah hal-hal nonteknis yang cukup merusak citranya, bisa jadi NBA tak lagi meliriknya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar