IBL

Brooklyn Nets dan Atlanta Hawks bergerak cepat dalam membangun skuat demi musim yang akan datang. Dilansi situs resmi NBA, kedua tim baru saja menyelesaikan transaksi pertukaran pemain. Total ada dua pemain dan tiga hak memilih NBA Draft yang masuk dalam paket pertukaran ini.

Nets mengirimkan garda mereka, Allen Crabbe bersama dengan hak memilih di urutan ke-17 pada NBA Draft 2019 dan hak memilih di putaran pertama NBA Draft 2020. Khusus untuk hal yang disebutkan terkahir, Nets memberikan klausul proteksi lotre (lottery protected). Jika Nets mendapatkan lotre, maka hak memilih tersebut akan bertahan untuk mereka. Sebagai gantinya, Hawks mengirimkan forwarda mereka, Taurean Prince plus hak memilih di putaran kedua NBA Draft 2021.

Pertukaran ini pun dianggap berbagai pihak sebagai langkah awal bukti keseriusan Nets dalam membangun skuat di musim mendatang. Ya, Crabbe yang masuk dalam pertukaran memiliki gaji sebesar AS$18 juta. Perginya Sang Pemain membuat kini Nets memiliki ruang gaji yang lebih “longgar” guna mendatangkan pemain bintang di pasar pemain bebas yang akan dibuka 1 Juli 2019.

Selain itu, mendapatkan Prince juga merupakan sebuah hal yang tidak buruk untuk Nets. Dalam 55 penampilannya musim ini, pemain berambut gimbal ini mengemas 13,5 poin, 3,6 rebound, 2,1 asis, dan 1,0 steal per gim. Sebuah angka yang cukup solid mengigat ia bukanlah pilihan utama serangan Hawks.

Kembali ke ruang gaji, dari laporan ESPN, kini Nets memiliki ruang gaji sebesar AS$46 juta. Jumlah yang cukup mampu untuk mendatangkan dua pemain bintang dengan kontrak maksimal sekaligus. Dua nama yang terus dikaitkan dengan Nets adalah Kevin Durant dan Kyrie Irving. Nama yang terakhir disebut diyakini banyak pihak juga menunjukkan ketertarikan untuk bergabung dengan Nets.

Namun, dilema besar kini harus dihadapi oleh Nets. Bintang mereka musim ini, D’Angelo Russell juga akan menjadi pemain bebas per 1 Juli 2019 nanti. Bedanya, Russell akan mengantongi status restricted free agent. Usai melewati kontrak skala rukinya, Russell sudah berhak mendapatkan kontrak maksimal.

Russell adalah top skor sekaligus pemimpin tim dalam mengarungi musim yang cukup apik ini. Dalam 81 gim, mantan pemain Los Angeles Lakers ini mengemas rataan 21,1 poin, 3,9 rebound, dan 7,0 asis per gim. Ia juga mengantarkan Nets lolos ke playoff untuk pertama kalinya sejak 2015. Russell juga terpilih bermain di laga All Star musim ini. 

Russell memiliki peran yang nyaris serupa dengan Kyrie. Sulit rasanya membayangkan keduanya bermain di waktu yang bersamaan. Jika Durant nantinya juga tertarik bergabung dengan Nets, rasanya tim asuhan Kenny Atkinson ini juga tak akan menolak dan siap langsung memberi kontrak. Lantas, siapa yang harus dipilih oleh Nets di satu slot lainnya? Russell yang sudah menunjukkan bahwa ia telah menyatu dengan tim ini atau Kyrie yang tengah berusaha membuktikan diri bahwa ia adalah salah satu pemain terbaik di liga.(DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar