IBL

Batas akhir pertukaran pemain (Trade Deadline Day) NBA seringnya menghasilkan cerita-cerita seru. Di titik ini, seharusnya tim-tim sudah mengetahui target apa yang ingin mereka capai di sisa musim dan kekuatan skuat mereka untuk mencapai target tersebut. Tak sering, di titik ini tim-tim juga sudah mulai menatap bagaimana pembangunan skuat mereka untuk musim-musim yang akan datang.

Di batas akhir pertukaran pemain tahun ini, beberapa nama mengisi halaman utama media-media NBA dunia. Ada yang tidak diprediksi akan pindah di tengah musim kali ini, ada perpindahan yang melibatkan banyak pemain, hingga ada pula perpindahan yang prosesnya barus selesai sepenuhnya dalam waktu dua hari. Berikut kami rangkum perpindahan pemain-pemain berdasarkan waktu terjadinya.

5 Februari 2020

Clint Capela, Robert Covington, dan transaksi 12 pemain

Pergerakan pertukaran pertama yang terjadi jelang batas akhir pertukaran pemain langsung melibatkan empat tim dan 12 pemain. Clint Capela dan Robert Covington adalah nama utama dalam pertukaran ini. Houston Rockets, tim asal Capela ingin melakukan perubahan signifikan di tim mereka dengan menghilangkan pemain berposisi senter dengan gaya main konvensional. Sebagai gantinya, mereka ingin mencari pemain sayap yang memiliki akurasi tripoin apik dan solid dalam bertahan, dalam hal ini Covington.

Namun, Capela yang memiliki kontrak besar (lima tahun senilai AS$90 juta yang dimulai musim 2018-2019) membuat Rockets dan Minnesota Timberwolves harus mencari rekan pertukaran tambahan. Hasilnya, Atlanta Hawks  dan Denver Nuggets turut serta dalam transaksi ini. Transaksi 12 pemain ini merupakan transaksi pertukaran pemain terbesar sejak Patrick Ewing pindah dari New York Knicks ke Seattle Supersonics pada 2000.

Hawks mendapatkan:

Clint Capela dan Nene (yang lantas dilepas oleh Hawks)

Nuggets mendapatkan:

Shabazz Napier, Keita Bates-Diop, dan Noah Vonleh (Timberwolves), dan Gerald Green (Rockets)

Rockets mendapatkan:

Jordan Bell, Robert Covington (Timberwolves), hak memilih putaran kedua NBA Draft 2020 (dari Hawks melalui Warriors).

*Shabazz Napier lantas kembali berpindah tim usai Nuggets menukarnya ke Washington Wizards dengan Jordan McRae.

*Jordan Bell juga kembali pindah tim. Ia akhirnya akan bermain untuk Memphis Grizzlies setelah Rockets mengirimnya dan hak memilih putaran kedua NBA Draft 2023 dengan Bruno Caboclo.

Timberwolves mendapatkan:

Malik Beasley, Juancho Hernangomez, Jarred Vanderbilt, (Nuggets), Evan Turner (Hawks), hak memilih putaran pertama dari Hawks melalui Nets (belum ditentukan tahun kapan)

6 Februari 2020

James Ennis ke Orlando Magic

Meski pertukaran Andre Iguodala jadi pertukaran pertama yang diumumkan banyak media, sesunggunya pertukaran ini tidak menjadi transaksi tuntas pertama di 6 Februari 2020. Philadelphia 76ers justru tim pertama yang merampungkan transaksinya. Sixers melepas salah satu pemain sayap mereka, James Ennis, ke Orlando Magic untuk hak memilih putaran kedua NBA Draft 2020.

D’Angelo Russell dan Andrew Wiggins Tukar Posisi

Minnesota Timberwolves benar-benar melakukan langkah berani di paruh musim ini. Tim asuhan Ryan Sanders ini melakukan perombakan besar dalam skuat mereka. Selain ikut pertukaran masif dengan Rockets, Timberwolves lantas mendatangkan satu nama berstatus All Star 2019, D’Angelo Russell.

Russell yang di musim panas lalu bergabung ke Golden State Warriors dengan skema sign and trade dengan kontrak empat tahun AS$117 juta, tidak diprediksi banyak pihak akan dilepas sekarang oleh Warriors. Namun, keinginan teguh Timberwolves ditambah “alat tukar” berupa Andrew Wiggins rupanya cukup untuk Warriors.

Timberwolves mendapatkan:

D’Angelo Russell, Jacob Evans, dan Omari Spellman.

Warriors mendapatkan:

Andrew Wiggins, hak memilih putaran pertama NBA Draft 2021 (protected), dan hak memilih putaran kedua NBA Draft 2021.

Iguodala Menyebrang ke Miami Heat

Nama Andre Iguodala kembali santer dibicarakan jelang batas akhir pertukaran pemain. Sejak ditukar ke Memphis Grizzlies di musim panas lalu, Andre menolak main untuk Grizzlies. Hingga sekarang, tak disebutkan alasan pasti mengapa ia menolak bermain, tapi Grizzlies memutuskan menonaktifkan Andre sepanjang musim ini.

Terus dikaitkan dengan duo Los Angeles, Lakers dan Clippers, Miami Heat ternyata jadi pihak yang paling serius menggunakan jasa Andre. Buktinya, mereka mau melepas pemain muda mereka, Justise Winslow, untuk satu kali MVP final NBA ini. Proses transaksi antara Heat dan Grizzlies baru resmi selesai hampir 24 jam sejak berita pertukaran Andre tersebar. Di akhir transaksi, Timberwolves juga turut serta dengan memasukkan nama Gorgui Deng

Grizzllies mendapatkan:

Dion Waiters, Justise Winslow (Heat), Gorgui Deng (Timberwolves)

Heat mendapatkan:

Andre Iguodala, Jae Crowder, Solomon Hill (Grizzlies)

Timberwolves mendapatkan: James Johnson (Heat)

Marcus Morris merapat ke Los Angeles Clippers

Setengah musim rasanya sudah cukup untuk Los Angeles Clippers menilai skuat mereka demi bersaing meraih gelar juara. Clippers tampaknya merasa masih ada kekurangan di barisan pemain sayapnya yang berujung pada transaksi untuk Marcus Morris. Catatan 19,6 poin, 5,4 rebound, dan 1,4 asis per gim dengan efisiensi tembakan 53,3 persen Morris diprediksi jadi tambahan luar biasa untuk Clippers.  Tak hanya Clippers dan Knicks, Wizards juga turut merampungkan transaksi ini.

Marcus Morris (Knicks), Isaiah Thomas (Wizards) *Thomas besar kemungkinan akan dilepas oleh Clippers (via David Aldridge)

Mo Harkless (Clippers), Issuf Sanon (Wizards), Hak memilih putaran pertama NBA Draft 2020, hak tukar posisi memilih putaran pertama NBA Draft 2021 (protected), hak memilih putaran kedua NBA Draft 2021 (Clippers dari Pistons)

Jerome Robinson (Clippers)

Dewayne Dedmon sempat mengungkapkan kekesalannya kepada manajemen Sacaramento Kings di hadapan publik beberapa waktu lalu. Ia merasa ia tidak dapat jatah menit bermain yang layak untuk menunjukkan kemampuannya dan lebih baik ia ditukar ke tim lain. Akhirnya, harapan Dedmon terwujud di batas pertukaran pemain usai Kings sepakat dengan tim lama Dedmon, Atlanta Hawks, untuk mengembalikan Sang Pemain. Sebagai gantinya, Kings mendapatkan Alex Len dan Jabari Parker.

Dewayne Dedmon, hak memilih putaran kedua NBA Draft 2020 dan 2021.

Alex Len dan Jabari Parker.

Skuat bintang Warriors adalah skuat yang datang dari kehebatan manajemen memilih pemain di NBA Draft dan mengembangkan kemampuan individu mereka. Di pasar pemain bebas kali ini, selain melepas D’Angelo Russell, Warriors juga melepas Alec Burks dan Glenn Robinson III. Dari tiga pemain yang dilepas, Warriors hanya dapat satu pemai pengganti. Namun, mereka mengantungi lima hak memilih.

Alec Burks dan Glenn Robinson III

Hak memilih putaran kedua NBA Draft 2020 (melalui Mavericks), 2021 (melalui Nuggets), 2022 (melalui Raptors)

 

Teka-teki masa depan Andre Drummond akhirnya terjawab. Detroit Pistons akhirnya menukar senter andalan mereka dalam beberapa musim terakhir tersebut ke Cleveland Cavaliers. Sayangnya, pengganti untuk Drummond rasanya masih jauh dari memuaskan. Pemain-pemain yang dikirimkan oleh Cavaliers bisa dibilang tak menunjukkan performa bagus nyaris sepanjang karier mereka.

Andre Drummond.

Brandon Knights, John Henson, kemungkinan besar hak memilih putaran kedua NBA Draft 2023 (Warriors). (DRMK)

Foto: NBA

 

 

 

Komentar