IBL

Damian Lillard tampil spektakuler dalam kemenangan lewat tambahan waktu (overtime) 129-124 Portland Trail Blazers atas Golden State Warriors, Senin malam, 20 Januari 2020. Tak diperkuat C.J. McCollum yang cedera engkel, Lillard praktis jadi tumpuan utama Blazers dalam gim yang digelar di Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Selama 45 menit di lapangan, Lillard mencetak dobel-dobel 61 poin, 10 rebound, dan 7 asis. Ia mencetak 42 dari keseluruhan poinnya di tiga kuarter pertama. Lillard memasukkan 17/37 (47 persen) tembakan keseluruhannya dan 11/20 (55 persen) dari tripoin. Satu dari 11 tripoin Lillard membawa gim berlanjut ke overtime. Pemain yang juga penyanyi rap ini lantas sempurna dari tembakan gratis (16/16).

Catatan poin ini merupakan yang tertinggi dalam satu gim sepanjang karier Lillard. Catatan tertinggi sebelumnya yang ia bukukan sebenarnya juga baru terjadi musim ini saat bertemu dengan Brooklyn Nets. Selain untuk dirinya sendiri, jumlah poin ini juga jadi yang tertinggi yang pernah dibukukan oleh pemain Blazers. Begitu juga dengan 11 tripoin yang ia masukkan, tak pernah ada pemain Blazers yang memasukkan sebanyak itu.

Gim hari ini rasanya juga layak disebut sebagai gim tim cedera. Pasalnya, kedua tim memiliki banyak sekali pemain yang cedera atau tidak bisa bermain. Blazers hanya punya sembilan pemain aktif di gim ini sedangkan Warriors satu pemain lebih sedikit. Draymond Green memang pakai seragam, tapi kondisi akhirnya yang sedang sakit memaksanya tak tampil.

Di belakang Lillard, Hassan Whiteside menyusul juga dengan dobel-dobel 17 poin dan 12 rebound. Pemain tahun kedua, Anfernee Simons yang menggantikan McCollum menambahkan 15 poin. Veteran, Carmelo Anthony, membukkan 14 poin dan 9 rebound sedangkan Gary Trent Jr. melengkapi daftar usai mengemas 11 poin.

Untuk Warriors, Alec Burks jadi top skor dengan 33 poin, 7 rebound, dan 8 asis. D’Angelo Russell membuntuti dengan 27 poin, 8 reobund, dan 9 asis. Ruki, Eric Paschall doebl-dobel 22 poin dan 13 rebound. Marquese Chriss memberi sumbangsih tertinggi dari bangku cadangan dengan 14 poin dan 6 rebound. Willie Cauley-Stein menutup daftar dengan 12 poin dan 7 rebound dari 6/10 tembakan.

Kedua tim akan menjadi tuan rumah di gim selanjutnya. Blazers melawan Dallas Mavericks, tiga hari lagi, waktu setempat. Sementara Warriors akan bertemu Utah Jazz, lusa. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar