IBL

Portland Trail Blazers jumpa Toronto Raptors di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, Selasa, 7 Januari 2020, waktu setempat. Tertinggal sejak tepis mula hingga nyaris pertandingan berakhir, Blazers harus berterima kasih kepada pemain veteran mereka, Carmelo Anthony. Tembakan jarak menengah pemain yang akrab disapa Melo di sisa 3,3 detik pertandingan jadi penentu kemenangan 101-99 Blazers atas Raptors.

Bertindak sebagai tamu membuat Blazers cukup kesulitan di awal gim. Blazers hanya mampu memasukkan 1/8 tripoin di kuarter pertama yang membuat mereka tertinggal sembilan poin saat kuarter ini ditutup. Jarak tersebut hanya terpangkas dua poin di penghujung kuarter tiga. Kebangkitan Blazers benar-benar terjadi di kuarter empat dan ditutup dengan klimaks yang baik oleh tembakan Melo.

Selain jadi penentu kemenangan tim, Melo juga menjadi top skor di gim ini. Selama 36 menit, Melo mencetak 28 poin dan 7 rebound dari 10/17 tembakan (59 persen). Dari 10 tembakan tersebut, separuhnya adalah tripoin (5/8). Ini adalah catatan poin tertinggi Melo dalam satu gim musim ini.

Damian Lillard mengikuti Melo dengan 20 poin, 4 rebound, dan 9 asis. Hassan Whiteside jadi satu-satunya wakil Blazers dengan dobel-dobel 14 poin, 16 rebound, dan 7 blok. Anfernee Simons memberi sumbangsih tertinggi dari bangku cadangan dengan 12 poin dan 4 rebound. C.J. McCollum mengalami malam yang sulit usai hanya memauskkan 5/19 tembakan (26 persen) yang berujung 10 poin, 5 rebound, dan 6 asis.

Untuk Raptors, sumbangsih poin terbanyak diberikan oleh Kyle Lowry yang  juga mencetak dobel-dobel 24 poin dan 10 asis. Sayangnya, Kyle sebenarnya tak menemukan akurasi terbaiknya di gim ini dengan 7/23 (30 persen) tembakan. Salah satu tembakannya yang gagal adalah upaya tembakan kemenangan di akhir gim.

Serge Ibaka juga dobel-dobel dengan 17 poin dan 11 rebound selama 32 menit. Chris Boucher yang memulai gim dari bangku cadangan dan tercatat bermain hanya selama 16 menit membukukan 12 poin dan 9 rebound. Oshae Brissett yang memulai gim dengan cara yang sama juga menambahkan 12 poin tapi dengan tambahan enam rebound saja.

Hasil ini setidaknya menjadi hal yang positif untuk Blazers yang dalam 10 gim terakhir menelan enam kekalahan. Pun begitu, Blazers masih belum bergerak di klasemen. Tim asuhan Terry Stotts ini masih duduk di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat dengan 16 kemenangan dan 22 kekalahan.

Sedangkan untuk Raptors kekalahan ini jadi kekalahan kelima mereka dalam 10 gim terakhir. Serupa dengan Blazers, posisi Raptors di klasemen masih belum berubah. Anak-anak asuh Nick Nurse masih bertahan di peringkat empat klasemen sementara Wilayah Timur dengan 24 kemenangan dari 37 gim.

Blazers akan kembali ke pesisisr pantai barat Amerika Serikat di gim selanjutnya. Lebih tepatnya, mereka akan bertandang ke markas Minnesota Timberwolves, lusa, waktu setempat. Sementara Raptors akan kembali bermain esok hari dengan mengunjungi Charlotte Hornets. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar