IBL

Rudy Gobert, senter Utah Jazz, seringkali muncul dalam perbincangan Defensive Player of the Year. Anthony Davis, forwarda Los Angeles Lakers, juga berpotensi untuk menjadi pemain bertahan terbaik di NBA. Namun, Eric Bledsoe punya pandangan berbeda. Garda Milwaukee Bucks itu yakin rekan setimnya, Brook Lopez, akan menjadi Defensive Player of the Year pada 2019-2020 ini.

Bledsore menyampaikan hal tersebut kepada media. Michael Scotto, jurnalis NBA yang bekerja untuk Bleacher Report dan Associated Press, sempat mengutip pernyataannya. Bledsoe merasa Lopez layak mendapatkan gelar pemain bertahan terbaik.

Sang Garda mengatakan itu bukan tanpa alasan. Jika melihat statistiknya, pada 2019-2020, Lopez semakin baik dalam menjaga ring. Ia mengoleksi 2,5 blok per pertandingan. Naik 0,3 blok sejak musim lalu.

Dengan perolehan itu, Lopez kini berada di peringkat tiga dalam hal rata-rata blok. Di atasnya, hanya ada Davis dan Hassan Whiteside (Portland Trail Blazers). Lopez juga berada di peringkat 19 (di antara pemain dengan menit bermain lebih dari 15 menit) dalam hal defensive rating dengan rata-rata 100,5.

 

Pada pertandingan melawan Brooklyn Nets hari ini, Sabtu, 18 Januari 2020 waktu setempat, Lopez menyumbang lima blok. Dirinya menjadi momok bagi lawan yang hendak menusuk ke area bawah ring. Lopez juga mampu meraih 6 defensive rebound dari total 7 rebound.

Pada 2019-2020 ini, Lopez sudah tampil dalam 42 pertandingan. Ia mengoleksi rata-rata 10,2 poin, 4,8 rebound, 1,5 asis, dan 2,5 blok. Sosoknya telah menjadi bagian penting Bucks sejak awal kedatangannya pada 2018 silam.

Kendati Bledsoe mengatakan Lopez layak menjadi Defensive Player of the Year, rekan-rekan lainnya sebenarnya punya potensi yang sama. Apalagi Bucks memiliki Giannis Antetokounmpo yang baik dalam bertahan maupun menyerang. Musim lalu, Antetokounmpo bahkan masuk dalam daftar calon pemain bertahan terbaik. Pendapat Bledsoe pada akhirnya bisa diperdebatkan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar