IBL

Milwaukee Bucks melakoni lanjutan laga NBA dengan melawan Cleveland Cavaliers, Jumat malam, 14 Desember 2018, waktu setempat. Berstatus tamu di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Bucks justru tampil jemawa. Tak sekalipun dalam posisi mengejar ketinggalan selepas kuarter pertama, Bucks menutup laga dengan kemenangan 114-102.

Hasil ini tak lepas dari penampilan dominan Giannis Antetokounmpo. Tampil selama 38 menit, pemain asal Yunani ini mencetak dobel-dobel, 44 poin, 14 rebound, 7 asis, dan 2 blok dengan akurasi mencapai 73 persen. Jumlah 44 poin tersbeut menyamai pencapaian tertinggi sepanjang karinya. Ia pernah mencetak angka serupa kala melawan Portland Trail Blazers, 21 Oktober 2017. Lebih hebat lagi, semua tembakan Antetokounmpo  di laga ini berasal dari dalam garis busur tripoin. Ia juga memasukkan 16/21 kesempatan tembakan gratisnya yang setara dengan 76 persen.

Kemenangan ini membawa Bucks kembali ke jalur kemenangan usai di laga sebelumnya melawan Indiana Pacers berakhir dengan kekalahan. Di sisi lain, hasil ini juga memperbaiki rekor laga tandang Bucks sejauh ini. Tim asuhan Mike Budenholzer ini baru memainkan 12 laga tandang yang merupakan paling sedikit di antara tim-tim NBA lainnya. Dari jumlah tersebut, Bucks berhasil keluar sebagai pemenang di enam laga.

Bucks juga semakin mengukuhkan posisi mereka di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur. Hingga 28 laga yang dijalani, Bucks berhasil meraup 19 kali kemenangan. Mereka menjadi salah dua tim yang hingga kini belum menderita dua digit kekalahan. Di atas mereka adalah Toronto Raptors yang memiliki rekor menang-kalah (23-7).

Sebaliknya bagi Cavaliers, kekalahan ini menghentikan tren bagus mereka yang berhasil memenangi laga sebelumnya melawan New York Knicks. Dalam 10 laga terakhir, Cavaliers hanya bisa memenangi tiga laga di antaranya. Hasil itu membuat mereka masih tertahan di tiga peringkat terendah klasemen sementara Wilayah Timur. Juara NBA 2016 ini baru meraih tujuh kemenangan dari 29 laga yang sudah mereka mainkan. Hanya Atlanta Hawks dan Chicago Bulls yang memiliki rekor lebih buruk dari itu.

Selain Antetokounmpo, ada tiga pemain Bucks lainnya yang memberi sumbangsih setidaknya 10 poin. Brook Lopez mengemas 19 poin dan 5 rebound dengan akurasi 47 persen. Eric Bledsoe menyusul dengan 16 poin, 5 rebound, dan 6 asis selama 31 menit bermain. Ersan Ilyasova yang memulai laga dari bangku cadangan menambahkan 11 poin selama 15 menit bermain.

Dari pihak tuan rumah, ada lima pemain yang mampu mencetak angka dengan digit ganda dengan tiga di antaranya datang dari bangku cadangan. Jordan Clarkson menjadi yang terdepan usai mengemas 23 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Rodney Hood dan Alec Burks menjadi penyumbang terbanyak dari pemain utama (starter). Hood mencetak 19 poin, 3 rebound, dan  asis sementara Burks menambahkan 12 poin plus 9 rebound. Larry Nance Jr. menjadi satu-satunya pemian Cavaliers dengan dobel-dobel usai mengemas 14 poin, 10 rebound, dan 6 asis. Sementara Matthew Dellavedova melengkapi daftar dengan torehan 10 poin dan 5 asis.

Bucks belum akan kembali ke kandang mereka untuk laga selanjutnya. Mereka sudah dinanti Detroit Pistons di kandang dalam laga yang digelar Senin malam, 17 Desember 2018, waktu setempat. Sementara Cavaliers masih akan bertahan di kandang dan menanti kunjungan tim kuat lainnya, Philadelphia 76ers, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar