IBL

Klub Amartha Hangtuah semakin mantap menatap musim reguler IBL 2020 yang akan dibuka pada 10 Januari mendatang. Para pemain dan jajaran kepelatihan Hangtuah diperkenalkan hari ini, Rabu, 8 Januari 2020. Bermodal finalis Piala Presiden Basket 2019, Hangtuah targetkan empat besar.

Hangtuah menduduki peringkat kelima Divisi Merah di IBL 2018-2019. Mereka hanya menang enam laga dari total 18 pertandingan. Hasil buruk di musim lalu menjadi pelajaran berharga bagi mereka. Setelah mendapatkan dukungan dari Amatha, Hangtuah langsung tancap gas. Persiapan tim dimulai lebih awal. Sayangnya mereka harus kehilangan kepala pelatih Andika Supriadi Saputra, yang kini memimpin Louvre Surabaya. Sebagai gantinya, Hangtuah kini dipimpin oleh Harry Prayogo, didampingi Ary Sapto sebagai asisten pelatih.

Komposisi tim Hangtuah tidak banyak berubah. Masih mengandalkan Abraham Wenas, Lucky Abdi, Stevan Neno, Sevly Rondonuwu dan sejumlah pemain muda lainnya. Mereka kini juga diperkuat oleh Gunawan. Pemain yang pernah membela Satria Muda. Lalu yang paling penting adalah kembalinya Kelly Purwanto, setelah musim lalu sempat berbaju Siliwangi Bogor.

"Saya percaya dengan kemampuan tim. Dengan semangat muda yang dimiliki, Amartha Hangtuah punya modal besar untuk berprestasi pada musim ini," ujar Kelly.

Hangtuah sudah membuktikan timnya bisa bersaing di papan atas liga. Sebelum musim reguler bergulir, mereka bisa menjadi finalis Piala Raja 2019 di Yogyakarta pada 1-6 Oktober 2019, serta finalis Piala Presiden Basket 2019 di Solo pada 20-24 November 2019.

"Kami optimistis dengan tim yang ada saat ini. Terbukti kami menjadi finalis di dua turnamen sebelum IBL dimulai, yaitu Piala Raja dan Piala Presiden. Dengan semua persiapan yang sudah dilakukan, target realistis kami adalah empat besar," kata Gading Ramadhan Joedo selaku Presiden Klub Amartha Hangtuah.

Sebagai pelengkap roster Hangtuah, ada tiga pemain asing yang ditambahkan. Mereka adalah Darnell Aaron Martin Jr., Laquavious Kashaka Cotton, dan Charles Jackson Jr.. Ketiganya diharapkan bisa menambah kekuatan pemain lokal yang sudah solid.

Menariknya, di laga perdana, Hangtuah akan berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga, pada 10 Januari 2010 di GOR Sahabat, Semarang. Pertemuan ini menjadi pembuktian kedua tim yang sama-sama menduduki dasar klasemen musim lalu. (tor)

Foto: Amartha Hangtuah

Komentar