IBL

Ada lima pemain asing baru yang akan tampil di IBL 2020 Seri 3 Jakarta, 31 Januari - 2 Februari mendatang. Mereka sudah menjalani tes kesehatan dan siap diturunkan bersama timnya masing-masing. Hingga seri ketiga ini sudah ada enam pemain asing baru di IBL 2020.

Sebelumnya pada Seri 2 Bandung, 17-19 Januari lalu, Pacific Caesar Surabaya mengganti Decorey Aaron Jones dengan Anton Davon Waters. Itu merupakan pergantian pemain asing pertama di IBL musim ini. Kemudian setelah seri kedua, ada tiga tim yang melakukan pergantian pemain asing.

Bima Perkasa Yogyakarta mengganti dua pemain sekaligus. David Vincent Seagers digantikan Filip Pejovic asal Serbia, lalu mengganti Blake Ty Truman dengan Mamadou Diakite asal Mali. Pejovic terakhir bermain untuk klub Vogosca di liga basket Bosnia. Dalam tujuh pertandingan Pejovic mencetak rata-rata 5,1 poin dan 2,6 rebound per gim. Sementara itu, Diakite tercatat sebagai pemain Benahavis Costa Del Sol di liga basket profesional Spanyol pada musim 2018-2019. Dalam 21 pertandingan, Diakite mencetak 13,4 poin dan 8,3 rebound per gim. Diakite juga pernah masuk roster timnas Mali di FIBA AfroBasket 2017.

Amartha Hangtuah juga melakukan dua pergantian langsung. Mereka memilih menghabiskan jatah pergantian pemain asing untuk musim ini. Darnell Aaron Martin Jr. digantikan Emilio Parks yang sudah datang minggu lalu. Kemudian Charles Lowell Jackson Jr. diganti oleh Thurron Steven Mallory Jr.. Tentu sudah banyak yang tahu tentang Emilio Parks. Karena pernah tampil di IBL 2017-2018 bersama Bima Perkasa. Sedangkan Mallory adalah pemain asal Amerika Serikat yang pernah membela tim Phoenix di EuroBasket musim ini. Mallory baru tampil tiga pertandingan dan mencetak rata-rata 5,7 poin dan 2,7 rebound per gim.

Pemain asing baru kelima di seri Jakarta adalah Michael Adam Murray yang menggantikan posisi Stephen DeAngelo Battle di Pelita Jaya Bakrie. Murray bermain di liga Columbia membela tim San Andreas Warriors. Dalam 13 pertandingan, Murray mencetak rata-rata 9,3 poin, 4,5 rebound, dan 2,5 asis per gim.

Kelima pemain tersebut menjalani tes kesehatan di Jakarta, hari ini, Rabu, 29 Januari 2020. Tidak ada masalah dalam tes kesehatan tersebut. Semua pemain dalam kondisi prima dan siap tampil membela klubnya masing-masing.

"Saya baru pertama kali bermain di Indonesia. Pada latihan perdana dengan Bima Perkasa, saya suka dengan teman-teman di tim ini," ucap Mamadou Diakite.

Hal yang sama diungkapkan oleh Michael Murray, pemain baru Pelita Jaya. Ia baru pertama kali bermain di Indonesia. Sebelumnya ia tampil di Portugal.

"Saya sudah melihat cuplikan pertandingan Pelita Jaya. Saya suka energi tim ini," kata Murray.

Seri 3 Jakarta akan berlangsung di Britama Arena, mulai 31 Januari hingga 2 Februari 2020 mendatang. Saat ini rata-rata kontestan sudah menjalani empat hingga lima pertandingan untuk musim reguler. Indonesia Patriots menjadi pemimpin klasemen sementara. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar