IBL

Pada bulan Januari 2020, selain Indonesian Basketball League (IBL) yang akan memulai musim baru, Piala Srikandi juga mengawali musim 2020. Pihak penyelenggara bekerja sama dengan Perbasi Pekanbaru menyelenggarakan turnamen pramusim yang diikuti tujuh tim. Selain ada kontestan Piala Srikandi 2020, ada juga tim Malaysia dan tim lokal Pekanbaru yang ikut.

Turnamen Pramusim Piala Srikandi 2020 berlangsung di Pekanbaru, Riau, pada 12-18 Januari mendatang. Pesertanya ada tujuh tim, yaitu Merpati Bali, Tanago Friesian Jakarta, Sahabat Semarang, Scorpio Jakarta, dan GMC Cirebon. Selain lima klub tersebut, ada dua peserta tambahan yaitu All-Star Pekanbaru dan Penang Selection. All-Star Pekanbaru merupakan tim yang berisi pemain-pemain terbaik dari liga basket putri Pekanbaru (PKU Ladies League), sedangkan Penang Selection adalah tim undangan dari Malaysia.

"Kalau dari tim Srikandi yang tidak ikut adalah Flying Wheel. Alasannya karena biaya, kalau mereka harus pergi ke Pekanbaru. Tetapi, untuk musim reguler, mereka pasti ikut," kata Koordinator Klub Piala Srikandi Deddy Setiawan.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah round robin. Jadi, tujuh tim akan saling berhadapan, kemudian pimpinan klasemen dinyatakan sebagai juaranya. Semua pertandingan akan berlangsung di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru.

"Semua tim saling bertemu, jadi setiap tim bisa main enam kali di turnamen ini. Tidak ada final, tetapi hanya poin saja," imbuh Deddy.

Deddy menjelaskan, untuk roster pramusim ini bukan jadi ukuran roster musim reguler Piala Srikandi 2020 nanti. Semua tim bisa memasukkan nama-nama sesuai dengan keinginan mereka. Bisa saja pemain pinjaman atau juga pemain yang ingin mereka coba dulu sebelum masuk roster reguler. (tor)

Foto: Mei Linda

Komentar