IBL

GMC Cirebon dipastikan meraih gelar juara Pramusim Piala Srikandi 2020. Ini setelah mereka sukses memenangkan lima dari enam pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau. Kini GMC akan ikut meramaikan perburuan gelar juara Piala Srikandi 2020.

Keyakinan tersebut disampaikan oleh Kepala Pelatih Njoo Lie Fan, atau yang juga dikenal dengan nama Arif Gunarto. Dia memberikan pujian kepada pemain-pemainnya yang berupaya keras untuk meraih tempat terbaik di turnamen pramusim ini.

GMC sejauh ini sudah mengumpulkan lima kemenangan beruntun. Jumlah tersebut masih mungkin bisa bertambah, dan bisa sapu bersih. Sebab, GMC masih menyisakan satu laga lagi melawan Pekanbaru All-Stars (18 Januari 2020).

Lima kemenangan GMC di pramusim cukup mengejutkan. GMC menang 80-51 atas Tanago Friesian Jakarta (12 Januari 2020), lalu menundukkan Scorpio Jakarta dengan skor 69-53 (13 Januari 2020). GMC selanjutnya sukses mengalahkan Merpati Bali, 75-62 (14 Januari 2020). Tim yang berstatus sebagai juara bertahan Piala Srikandi. Kemudian menang tipis 60-59 atas Sahabat Semarang (15 Januari 2020). Di laga kelima yang berlangsung Kamis, 16 Januari 2020, GMC menang 88-26 atas Stallions Penang, Malaysia.

"Kami bersyukur bisa mendapatkan hasil terbaik di pramusim. Tetapi masih banyak yang perlu diperbaiki lagi," ucap Njoo Lie Fan.

Salah satu faktor suksesnya GMC adalah komposisi tim. Kali ini mereka diperkuat oleh Faizatus Shoimah, Deniece Gunarto, dan Anjelin Simanjuntak. Di area kunci, GMC memainkan Margaret Rachel Janna dan Maura Avrilla. Kedua punya tinggi badan yang bagus, meski masih muda. Keberadaan Anjelin sangat membantu GMC mengembangkan permainan semakin baik.

GMC tampaknya menyiapkan strategi lain, khususnya di kompetisi musim reguler nanti. Ada beberapa pemain yang masih disiapkan, seperti Adelaide Wongsohardjo, Dara Tahirah, dan beberapa pemain berpengalaman lainnya.

"Kami masih kurang baik di pemain big. Sehingga di pramusim kami mengandalkan pemain small saja. Tetapi kami sudah menyiapkan pemain-pemain yang nantinya akan bergabung di musim reguler. Saya rasa semua tim juga melakukan hal yang sama. Mereka belum menampilkan roster terbaik di pramusim," lanjut Lie Fan.

Dari hasil pramusim ini, setidaknya bisa membangkitkan kepercayaan diri pemain GMC. Tetapi mereka masih menganggap jalan menuju juara masih jauh. Sebab lawan-lawan di musim reguler dianggap kuat. Mereka adalah Merpati Bali dan Sahabat Semarang. Dua tim yang musim lalu menjadi finalis Piala Srikandi. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar