IBL

Dallas Mavericks mesti kalah dari Los Angeles Lakers di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu, 29 Desember 2019 waktu setempat. Namun, Luka Doncic berhasil menyamai rekor legenda NBA, Oscar Robertson, dalam pertandingan itu. Selama dua musim di NBA, nama pemain asal Slovenia tersebut memang seringkali bersanding dengan Robertson.

Kali ini Doncic menyamai rekor Sang Legenda dalam pencapaian poin, rebound, dan asis pada 100 pertandingan pertama di NBA. Doncic dan Robertson setidaknya mampu mengumpulkan 2000 poin, 750 rebound, dan 500 asis selama periode itu. Menurut catatan statistik, per hari ini, Doncic sendiri telah mencetak 2332 poin, 827 rebound, dan 681 asis dalam 100 pertandingan.

Dengan performa seperti itu, pencapaian garda andalan Mavericks tersebut semakin mentereng. Pengakuan akan kehebatannya pun semakin banyak bermunculan. Gregg Popovich, kepala pelatih San Antonio Spurs, bahkan menyandingkannya dengan legenda NBA sekelas Earvin “Magic” Johnson.

Meski begitu, seperti kata Popovich, kebesaran Doncic masih jauh dari Johnson. Begitu pun dari Robertson. Mengingat ia baru dua musim bermain di NBA. Perjalanannya diprediksi masih akan panjang. Potensinya bisa lebih berkembang.

Sejauh ini, para pandit menilai bahwa Doncic berada di trek yang bagus. Pemain-pemain bintang juga mengakui hal itu. LeBron James, pemain andalan Lakers yang hari ini menjadi lawannya, juga sempat memujinya.

Pada 201-2020, permainan Doncic juga terus berkembang. Ia membuktikan bahwa gelar Rookie of the Year 2018-2019 lalu bukanlah isapan jempol. Doncic bahkan digadang-gadang sebagai calon Most Valuable Player (MVP) musim ini. Namanya berada di dalam daftar yang sama dengan pemain sekelas James Harden (Houston Rockets) dan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks).

Kendati memiliki potensi sebesar itu, fokus Doncic bukanlah pada pencapaian individu. Ia lebih mementingkan tim supaya bisa menembus playoff. Doncic ingin Mavericks bisa mencapai babak pascamusim reguler itu untuk pertama kalinya sejak bergabung. Sebab, musim lalu, ia gagal melakukan itu.

Untuk sementara waktu, Mavericks sendiri berada di peringkat lima Wilayah Barat. Mereka mengantungi rekor menang-kalah 21-11. Seandainya Doncic mampu mempertahankan performanya, boleh jadi Mavericks berada di posisi yang tepat untuk menembus playoff. (put)

Foto: NBA

 

Komentar