IBL

Dalam kekalahan lewat babak tambahan waktu (overtime) 129-125 Dallas Mavericks atas New Orleans Pelicans, Luka Doncic kembali mencatatkan sejarah. Ruki asal Slovenia ini tercatat bermain 39 menit dan memberi sumbangsih tripel-dobel, 29 poin, 13 rebound, dan 10 asis. Ia memasukkan 10/26 tembakan plus 8/11 dari tembakan gratis.

Tripel-dobel tersebut adalah tripel-dobel kelima Doncic di musim ini. Jumlah tersebut sudah membuatnya tercatat sebagai ruki dengan tripel-dobel terbanyak dalam sejarah organisasi Mavericks. Di sisi lain, ia juga tergabung dengan lima ruki lainnya dalam sejarah NBA yang mampu membukukan setidaknya lima tripel-dobel dalam satu musim.

Tom Gola (Philadelphia 76ers) membukukan lima tripel-dobel pada musim 1955-1956. Oscar Robertson yang hingga kini masih tercatat sebagai pemain dengan tripel-dobel terbanyak di NBA mencatatkan 26 tripel-dobel di musim pertamanya (1960-1961). Di musim 1975-1976, Alvan Adams, ruki Phoenix Suns, juga membuat lima tripel-dobel dalam semusim. Lalu ada legenda Los Angeles Lakers, Earvin Magic Johnson mencatatkan tujuh tripel-dobel di musim 1979-1980.

NBA lantas harus menunggu hampir 40 tahun hingga ada ruki lain yang mencatatkan hal serupa. Ben Simmons, ruki Sixers asal Australia yang sekaligus meraih gelar Rookie of the Year musim lalu tercatat membukukan 12 tripel-dobel. Doncic menjadi yang keenam dengan catatan ini.

Dari deretan nama di atas, hanya Tom Gola dan Magic Johnson yang gagal keluara dengan gelar Rookie of the Year. Nama yang terakhir disebut gagal menang lantaran di musim yang sama, ada ruki dari Boston Celtics bernama Larry Bird yang tampil gemilang.

Dengan musim reguler yang sudah semakin mendekati akhir dan peluang lolos ke playoff yang sudah tertutup, rasanya pilihan tepat bagi Mavericks untuk membantu Doncic meraih gelar ini. Sejauh ini, Doncic memiliki rataan 21,0 poin, 7,4 rebound, dan 5,7 asis. Untuk aspek poin, ia menjadi yang terdepan di NBA.

Satu-satunya ruki yang bisa dibilang memberikan perlawanan untuk Doncic untuk meraih gelar ini adalah Trae Young. Ruki Atlanta Hawks tersebut memiliki rataan 18,4 poin, 3,6 rebound, dan 7,7 asis per gim. Ia juga menjadi satu-satunya ruki selain Doncic yang mampu mengemas tripel-dobel musim ini.

Foto: NBA

 

Komentar