IBL

Luka Doncic hanya sempat bermain bersama Dirk Nowitzki selama semusim. Namun, ia tahu betapa besar nama seniornya itu di NBA. Ia bahkan ingin mengikuti jejak Nowitzki.

Doncic mengatakan, dirinya ingin bermain bersama Dallas Mavericks sampai pensiun. Nowitzki, yang sudah bermain sejak 1997, melakukan itu sampai musim 2018-2019 lalu. Ia memulai karier dan pensiun sebagai pemain Mavericks.

“Dirk berada di sini selama 21 tahun,” kata Doncic per NBA.com. “Saya ingin bertahan di sini dan mengikuti jejak Dirk.”

Untuk itu, Doncic perlu berusaha lebih keras dari sebelumnya. Ia harus membuktikan kekuatan timnya di tengah kompetisi yang semakin ketat. Menurut Doncic, membangun kultur juara bersama Mavericks sangat penting pada 2019-2020. Ia berpikir untuk mendorong Mavericks menembus playoff agar mereka diakui lagi.

“Itu penting. Kami ingin menembus playoff, dan saya pikir kami bisa. Jelas, itu target saya musim ini. Tim ini sangat senang,” kata Doncic lagi.

Pada 2018-2019, Doncic telah menunjukkan kemampuannya sebagai seorang ruki. Ia mampu menjawab harapan penggemar Mavericks dengan meraih gelar Rookie of the Year. Namun, Doncic masih belum bisa mengantarkan timnya ke playoff.

Oleh karena itu, Doncic berusaha untuk merealisasikan targetnya musim ini. Ia ingin Mavericks kembali ke playoff seperti zaman Nowitzki. Legenda asal Jerman itu bahkan mampu membuat Mavericks menjadi juara NBA.

Nowitzki menjadi juara pada 2011. Saat itu, ia juga menyabet gelar Most Valuable Player (MVP) di Final NBA. Nowitzki merupakan pemain dengan segudang prestasi yang membuat masyarakat Dallas bangga kepadanya.

Nowitzki sendiri telah menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Doncic saat pensiun musim lalu. Masanya telah habis, sehingga perlu penerus potensial yang melanjutkan jejaknya. Doncic adalah orangnya. Ia percaya juniornya itu bisa menjadi pemain hebat di NBA. (put)

Foto: Dallas Mavericks/NBA

Komentar